Cegah Menyebarnya HIV AIDS, Dinkes Periksa Waria dan PSK

SUMBAWA BARAT—Dinas Kesehatan  Sumbawa Barat pada setiap tahun tetap menemukan penderita penyakit HIV/AIDS. Instansi ini bahkan menemukan, 3 kasus HIV dan 1 kasus AIDS di 9 Puskesmas. 

“Dibandingkan tahun 2017 ada 13 kasus yaitu 2 kasus AIDS dan 11 kasus HIV,” Kepala Bidang Pengawasan penyakit  menular Dinkes Sumbawa Barat,Yusfi, dalam keterangan persnya Oktober lalu.

Yusfi menambahkan bahwa pihaknya tetap melakukan pemeriksaan dan sosialisasi dengan cara pemeriksaan secara langsung dan berkala kepada kelompok populasi kunci yaitu pemeriksaan kepada waria, PSK, ibu hamil, penderita TBC, pemeriksaan juga kepada pengguna Narkoba alat suntik dan penderita hepatitis.

“Ada ratusan orang yang diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan ini dilakukan di semua puskesmas yang ada di Sumbawa Barat,” tambahnya.

Pemeriksaan terhadap penyakit penderita dengan cara ditangani, diobati dan diedukasi agar penderita tidak menular kepada orang lain. Tujuan Dinas Kesehatan untuk mengatasi HIV dan AIDS dengan konsep 3 Zero yaitu menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian, serta menurunkan stigma dan diskriminasi dari masyarakat. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *