Gandeng BPJS, Asy Syffa Laksanakan Operasi Katarak Mandiri

Caption Foto//Kepala Bidang (Kabid) Instalasi Rehabilitasi Medik (IRM), Andy Suhaery, S.ST,

SUMBAWA BARAT–Masyarakat Sumbawa Barat bisa merasa lega dengan adanya program operasi katarak mandiri yang di laksanakan oleh management dan poli mata RSUD Asy-Syifa.

Ini membuktikan langkah positif pihak rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya yang terkena katarak, atau mata rabun.

“Masyarakat hendaknya memanfaatkan pelayanan ini dengan sebaik baiknya dalam menjaga kesehatan mata agar rajin memeriksakan matanya ke rumah sakit,”kata, Direktur RSUD Asy-Syiffa, melalui Kepala Bidang (Kabid) Instalasi Rehabilitasi Medik (IRM), Andy Suhaery, S.ST, kemarin.

Menurut Andy, pihaknya sudah menyiapkan program operasi katarak mandiri, bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Kebijakan ini menyasar masyarakat yang membutuhkan operasi mata katarak.

Sejatinya, program ini bertujuan untuk meringankan dan memberi kemudahan bagi masyarakat penderita katarak, untuk melakukan pemeriksaan ringan hingga  pengangkatan katarak atau operasi, agar terhindar dari kebutaan.

Sejak tahun 2018 hingga kini, RSUD Asy-Syffa beberapa kali melakukan operasi katarak kolektif. Berbagai pasien, utamanya pasien Lanjut Usia (Lansia) mendominasi mengikuti program operasi penyakit penyebab utama kebutaan tersebut.

 “Operasi baru bisa dilakukan minimal setelah kurang lebih ada lima belas pasien yang terdaftar,” ujar, Andy lagi

Asy Syffa sendiri kini, memiliki Poli Mata khusus serta dokter spesialis mata sendiri. Jadi, Tidak perlu lagi mengundang dokter spesialis dari rumah sakit Denpasar Bali dan Mataram, sebagaimana yang dilakukan sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, program operasi mata Katarak di RSUD Asy Syffa direspons positif masyarakat. Bahkan pihak rumah sakit bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terus melakukan penyuluhan untuk mencegah menyebarnya penyakit Katarak.

Sementara itu, Sutini, 69 tahun warga lingkungan Muhajirin Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang mengatakan, dirinya senang pemerintah dan Rumah Sakit Asy-Syifa bisa memberikan pelayanan operasi katarak.

Menurutnya, pelayanan ini dapat memudahkan pasien melakukan pemeriksaan mata dan ikut program operasi kolektif. Jadi tidak perlu lagi harus menghabiskan waktu dan biaya untuk berobat hingga keluar daerah. (ZM.fj).

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *