AKBP. MUSTOFA S.I.K: Motivasi dan Aksi Tanggap Kemanusiaan Adalah Kunci Recovery Pasca Bencana

Caption foto//Kapolres Sumbawa Barat, AKBP. Mustofa menenteng sendiri beras  bantuan yang akan diberikan kepada warga korban gempa di desa Seteluk, Kecamatan Seteluk.

Laporan : KAMARUDDIN.SH

Kepala Penelitian  dan Pengembangan, ZONAMERAH.NET

Kapolres Sumbawa Barat AKBP MUSTAFA SIK, MH Sabtu, (25/8), memimpin langsung kegiatan recoveri sosial pasca bencana di Sumbawa Barat bertempat di Posko penanganan bencana Desa Kokarlian Kecamatan Poto Tano.

” Saat ini jajaran Polres Sumbawa Barat konsen untuk melakukan recoveri sosial dengan penekanan pada pemulihan infrastruktur pelayanan publik seperti perkantoran, sarana pendidikan dan peribadatan serta pembagian sembako kepada posko di tingkat desa yang tersebar di wilayah terdampak dengan mengoptimalkan peranan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

kasat Lantas, Iptu. Tira Karista, menyerahkan bantuan logistik berupa makanan siap saji dan bahan kebutuhan lainnya langsung di posko pengungsi korban Gempa, Desa Korkalian, Sabtu (25/8). Aksi sosial ini bertepatan dengan perayaan HUT Polwan yang ke 70.

Dalam kunjungan di Desa Kokarlian kecamatan Poto Tano, kapolres didampingi oleh Kasat Reskrim, Ksat Intel, Ksat Lantas, Ibu Bayangkari serta anggota Polwan.

IPTU Tira Karista, Kepala Satuan (Kasat)  Lantas, mendampingi kapolres dilokasi menyatatakan, bahwa terjunnya anggota polwan dan ibu bayangkari merupakan wujud kepedulian dan kesiapsiagaan serta empati dalam membantu sesama.

” Dalam rangka memperingati hari Polwan ke 70 tahun serta membantu penanganan pasca gempa kami telah melakukan kegiatan meliputi pemberian bantuan sembako di Seteluk dan Desa Kokarlian Poto Tano, Sosialisasi pemulihan traumahealing
dan himbauan pada masyarakat agar tidak muda mempercayaai isu isu hoax yang beredar di masyarakat,”tandasnya.

di posko Desa Kokakarlian, anggota Banyangkari bersama polwan menyerahkan sembako kepada pemdes setempat berupa 10 karung Beras 25 kg, 14 Dus mie instan, 10 dus air mineral
dan 2 buah terpal.

Tampak, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP. Mustofa, S.I.K ikut turun tangan membersihkan puing puing sisa reruntuhan pasca gempa di salah satu rumah anggota kepolisian.

” Kami sangat berterimaksih pada Kapolres dan jajaran, atas kepekaan dan kesiap siagaan dengan intensitas sangat tinggi, membantu warga Sumbawa Barat dalam pemulihan pasca gempa, ” urai Ramli,  anggota BPD setempat.

Sebelum meninggalkan lokasi, Kapolres menyampaikan agar masyarakat terus memotivasi diri dan saling bahu membahu untuk merecoveri keadaan agar kembali beraktivitas seperti biasanya.

” Masyarakat harus sabar dalam menghadapi musibah tetap waspada, harus memiliki motivasi tinggi serta selalu menjaga kondusivitas daerah,”ujarnya.

Kapolres juga berpesan kepada personel dan keluarganya yang terkena dampak bencana bahwa pimpinan sangat peduli dan perhatian untuk membantu baik dukungan material maupun support tenaga.

“Saya himbau kepada seluruh personel untuk tidak malu malu menyampaikan langsung kepada saya, jika membutuhkan bantuan, sudah menjadi kewajiban saya untuk melayani anggota dengan sebaik baiknya karena kita adalah satu keluarga,”Tegasnya.

Ucapan terimakasih dan rasa haru dari salah seorang istri personel polri yang rumahnya menjadi korban gempa. Terimkasih disampaikan atas suport dan bantuan Kapolres.

Sebelumnya, kapolres Sumbawa Barat sudah melakulan kunjungan ke beberapa polsek, Asrama dan rumah personel untuk memberikan bantuan sembako yang diperlukan serta ikut memimpin anggota lainnya melaksanakan gotong royong. Ada juga, gerakan pembersihan sarana pendidikan seperti sekolah di Kertasari serta hampir seluruh rumah ibadah.(*)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *