Andy Subandi : Dengan MTQ Kita Songsong KSB Jadi Kabupaten Qur’ani

Caption foto//Ketua umum panitia MTQ ke XV, Andy Subandi, menyampaikan laporannya.

SUMBAWA BARAT- Acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV tingkat kecamatan Brang Rea Jum’at (29/3) di ikuti sedikitnya ratusan para peserta yang berlangsung di Lapangan Sepak bola Desa Bre di hadiri Camat Brang Rea, Kapolsek, Danramil, Muspika, Toga, Toma, Kades Sapugara Bre.

Acara tersebut diawali dengan tarian daerah dan baca puisi dari SDN Sapugara. MTQ tingkat kecamatan bertema ‘Kita Tuntaskan Baca Alqur’an’ di lanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars MTQ.

Ketua Umum Pelaksanaan MTQ, Andi Subandi dalam laporannya mengatakan, kegiatan MTQ ini sebagai salah satu perwujudan menjadikan Kabupaten qur’ani serta mewujudkan kebersamaan dalam membangun Kabupaten yang fitrah dengan semangat bergotong royong.

“MTQ Tingkat kecamatan ini, diikuti sedikitnya oleh 278 peserta dari sembilan kafila masing-masing dari Desa Se-kecamatan Brang Rea yang berlangsung mulai Jum’at malam 29 maret sampai dengan 1 April 2019,” ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, MTQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an.

“Diharapkan melalui kegiatan ini generasi muda kita lebih Qur’ani, sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius, di Bumi Pariri Lema Bariri, Terimakasih atas dukungan semua pihak atas terlaksananya acara MTQ ke XV,” demikian Andi Subandi.

Adapun cabang yang dilombakan terdiri dari cabang perlombaan, yakni Tilawah Anak Putra dan Putri, Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Tartil Putra dan Putri.

Suasana jelang pembukaan MTQ Ke XV tingkat Kecamatan Brang Re, di Desa Sapugara Bree.

Sementara Camat Brang Rea A. Rahim, S.Pd, MM dalam sambutannya mengatakan, rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Brang Rea tahun ini. Karena menurutnya, sudah sejalan dengan program Pemkab Sumbawa Barat, diiringi dengan kebijakan Bupati Sumbawa Barat tentang Program Tuntas Baca Al-Qur’an (TBA) di lingkup Pemerintah KSB menjadi salah satu program positif.

“Menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, serta sebagai wadah seleksi di tingkat Kecamatan, dan acara ini lebih semarak dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Kemudian acara di lanjutkan dengan pelantikan dewan hakim MTQ yang langsung di lantik oleh Camat Rea A. Rahim, di rangkaikan dengan pemukulan gong genang sebagai tanda acara MTQ resmi di buka.

MTQ kali ini mengikutsertakan sedikitnya sembilan kafila dan 13 mata lomba. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *