Bantu Korban Gempa, PMI Sumbawa Gagas  CTP

SUMBAWA BESAR—Palang Merah Indonesia (PMI) salurkan bantuan berbasis tunai kepada para korban gempa bumi di dua kecamatan, Minggu (3/2) .

Tepat satu tahun Berlalu Bencana Gempa bumi masih terasa hangat diingatan bagi masyarakat khususnya, Kecamatan Alas, Alas Barat dan Buer tentang sebuah peristiwa yang terjadi tahun lalu 2018 yang mengakibatkan ratusan rumah rusak.

Palang Merah Indonesia (PMI) masih melakukan kegiatan operasi pemulihan (Recovery) untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Sumbawa,melalui berbagai program bantuan sosial kemanusiaan.

Jajaran dan personel Satgas PMI Sumbawa berpose bersama.

Operasi pemulihan PMI ini difokuskan pada beberapa sektor, diantaranya pemulihan hunian (Shelter), pemulihan sektor kesehatan melalui air dan sanitasi dan mata pencaharian (Livelihood), yang menjadi menariknya dalam program bantuan kali ini, proses penyaluran bantuan semua ini dilakukan melalui sistem elektronik bantuan berbasis tunai atau Cash Transfer Program (CTP), dimana si penerima mampaat dapat menerima secara langsung melalui proses traksaksi berupa Focer belanja sebesar Rp 930. 000 yang langsung di serahkan kepada penerima manfaat.

Selain itu, model ini yang menjadi trend percontohan beberapa lembaga lainnya yang dianggap paling efektip dan efisieun dalam proses penyaluran bantuan sosial.

Sekretaris Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Sumbawa Drs. Kaharuddin mengatakan, bantuan berbasis tunai ini merupakan bantuan yang diberikan oleh PMI Pusat kekabupaten Sumbawa sebesar sebanyak 800 KK.

“Atas keterbatasan Itu, kami hanya bisa menyalur di dua kecamatan saja, yakni kecamatan Alas dan Alas Barat,”ungkap Kaharuddin.

Ketua PMI Sumbawa, Drs. H.Rasydi

Kaharuddin menambahkan yang mendapatkan bantuan ini di utamakan bagi para korban gempa yang rumahnya rusak berat saja, itupun  yang mendapatkan  bantuan tersebut sudah melalui seleksi para tim yang ada dilapangan sesuai dengan panduan dari  SK bupati yang diterbitkan,terangnya.

Melalui kesempatan ini, Kaharuddin juga minta maaf kepada seluruh warga yang terdampak gempa yang belum menerima, karena kami akan berusaha agar kedepannya program ini bisa berlanjut, untuk bagi desa yang warganya belum menerima agar bisa bersabar dulu, kata Kaharuddin.

Sementara Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Sumbawa, Drs H. Rasyidi mengatakan, pihaknya mengucapkan terimaksih kepada seluruh jajaran PMI Pusat yang telah membantu dalam proses operasi pemulihan pasca gempa di Sumbawa.

 “Sebelum penyaluran bantuan berbasis tunai  ini dimulai, PMI sudah melakukan penilaian (Assesment) kebutuhan di desa-desa yang terdampak gempa agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran,” Ungkap H Rasyidi.

Menurutnya, program bantuan CTP ini adalah bentuk komitmen dari PMI untuk membantu warga yang tertimpa bencana gempa akhir tahun lalu dan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. (ZM.Lalu)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *