BKSDA NTB, Teken MoU Dengan Forum Nelayan Lebo

Sumbawa Barat, ZONAMERAH.net — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), lakukan Memorandum of Understanding (MoU), dengan Forum Nelayan Lebo, yang disaksikan langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM. pada, Kamis, (24/9/20).

Dalam sambutannya, Kepala BKSDA NTB, yang diwakili oleh, Kepala Seksi Sumber Daya Alam BKSDA NTB, Ara, ST mengatakan, bahwa Danau Lebo Taliwang, mempunyai potensi yang sangat luar biasa di prikananya. Untuk itu, dalam menjaga kelestarian lingkungan di Danau Lebo Taliwang, harus dibentuk suatu MoU dengan masyarakat setempat.

“Untuk mengakomodir kesejahteraan masyarakat di seputaran Danau Lebo Taliwang, BKSDA NTB memberikan bantuan penguatan ekonomi kepada masyarakat dalam bentuk permodalan bagi kelompok nelayan, yang nantinya dana bantuan tersebut untuk dapat dikembangkan melalui usaha ekonomi kerakyatan,” pungkas Ara

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin M.M dalam sambutannya juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah berupaya semaksimal mungkin agar Danau Lebo Taliwang ini, benar-benar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, Danau Lebo Taliwang, juga menjadi kawasan konservasi yang mempunyai nilai histori.

“Ada hal yang menarik terkait pembenahan dan pengelolaan Danau Lebo Taliwang. Kalau Pemda KSB dikatakan tidak mau peduli dengan destinasi wisata Danau Lebo Taliwang, itu tidak benar sama sekali, dikarenakan kewenangan bukan di Pemda, melainkan hak pengelolaannya ada di BKSDA Provinsi NTB,” ujar Bupati.

Tambah Bupati, perlu diketahui bersama, kalau selama ini pembenahan kawasan wisata Danau Lebo Taliwang, pada intinya bukan melalui dana APBD, termasuk dalam hal pembersihannya, anggaran dananya bantuan dari para donatur dan pihak ketiga yang mau membantu.

“kalau menggunakan dana APBD tidak bisa sama sekali, karena terbentur oleh regulasi pengelolaan dari BKSDA NTB,” Tandas Bupati KSB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda KSB, H. Abdul Azis, SH., MH, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan KSB, Amar Nurmansyah, ST., M.SI, Asisten Bidang Administrasi Umum KSB, Agus Hadenan, S.Pd, Kadis Koperindagkop KSB, Ir. Amin Sudiono. MM, Kabag Prokopim, Ir. Abdul Muis, MM, Ketua Penggerak PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S. Pt, dan anggota forum nelayan Lebo. (ZM.Ryan)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *