Bupati : Badan Publik Harus Sampaikan Informasi Valid dan Benar

Abdul Aziz, SH., MH. : Sekda Kabupaten Sumbawa Barat saat menyampaikan sambutan.

SUMBAWA BARAT–Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin meminta setiap badan publik menyampaikan informasi yang valid dan benar.

Menurutnya, informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang, untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya.

” Yang lebih penting, informasi itu bagian penting bagi ketahanan nasional, ” kata, Musyafirin, dalam petikan sambutannya, sebagaimana di bacakan, Sekretaris Daerah (Sekda), Abdul Azis, dalam work shop Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID), Selasa (8/10).

Kepala daerah mengingatkan, kelalaian terhadap penyampaian informasi bisa berdampak timbulnya kesimpang siuran informasi. Ini juga bisa menjadi sumber hoax.

Peserta Workshop terdiri dari ASN lingkup Kabupaten Sumbawa Barat

Ia mencontohkan, issue tentang APBD Sumbawa Barat yang kolaps. Informasi seperti ini menurut Bupati bisa menimbulkan spekulasi negatif. Sebab keterangan yang di sampaikan melalui media sosial tersebut, tidak berbasis data yang terukur serta sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.

“Itu yang kami sebut bahwa badan publik wajib menyediakan informasi yang valid dan benar. Tujuannya selain mencegah hoax, akan tetapi bagian dari kewajiban badan publik sesuai dengan amanat undang undang,” terangnya.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Sumbawa Barat, Abdul Muis menegaskan, pemerintah berharap kegiatan ini diikuti dengan serius. Seluruh pejabat PPID di SKPD bisa menerapkan materi dan visi mengenai kewajiban penyediaan informasi tersebut secara komprehensif dan terukur.

” Pemerintah berharap, bagi SKPD yang belum membentuk PPID segera menyesuaikan,” terang, Muis.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) NTB, Lalu Ahmad Busyairi menjadi pemateri dalam Work Shop PPID tersebut. Kegiatan ini diikuti setidaknya 60 peserta dari berbagai badan publik atau SKPD dilingkup pemerintah setempat. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *