Bupati Pimpin Renungan Suci

45 Anggota Paskibraka Ikrar Sumpah Setia

TALIWANG—Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin bersama jajaran muspida memimpin Renungan Suci, jelang pelaksanaan pengibaran sang saka merah putih pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 71.

Logo_PaskibrakaRenungan suci adalah bagian dari tahapan kegiatan peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI. Disini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih berkumpul membentuk formasi melingkar atau menghadap sang saka merah putih untuk mengikatkan sumpah setia terhadap bendera sebagai lambang negara dan bangsa.

Pasukan pengibar bendera atau Paskibraka beranggotakan 45 orang. Angka 45 menunjukkan tahun kemerdekaan RI. Ikrar sumpah setia ini dibacakan Bupati, H. W. Musyafirin yang disaksikan dengan khidmat seluruh tamu undangan yang memenuhi ruang utama lantai dasar gedung Sekretariat Daerah (Setda), Selasa (16/8) sekitar pukul, 20.00 wita.

P_20160816_203646_1
Anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih melakukan ikrar sumpah setia.

Penggerek bendera yang terdiri dari putra putri terbaik Sumbawa Barat dari SMA sederajat begitu teguh dan dengan sikap tegap dengan semangat patriot mengikuti ikrar sumpah setia terhadap merah putih yang dibacakan.

Prosesi mencium sang saka merah putih menandakan sumpah setia mulai diikrarkan.

“Selamat bertugas putra putri kebanggan kami. Anak anakku, tunaikan tugas mulia kalian dengan penuh rasa tanggung jawab,”ujar, Bupati, H.W. Musyafirin, berpesan mengakhiri pidato tertulisnya.

P_20160816_204855
Bupati dan Wakil Bupati, mengucapkan selamat bertugas kepada anggota Paskibraka usai resmi dilantik.

Sementara itu, usai membaca ikrar sumpah setia bupati secara simbolis resmi melantik 45 formasi Paskibraka untuk bertugas pada upacara pengibaran bendera keesokan harinya.

Hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati, Fud Saifuddin, Kapolres, AKBP Andy Hermawan, S.I.K, Kasdim 1607 Sumbawa, Wakajari Sumbawa, anggota TNI Polri, unsur masyarakat serta kepala SKPD.

Sesuai dengan ketentuan tentang formasi Paskibraka berikut fungsi tugas dna formasi anggota Paskibraka.

Paskibraka terdiri dari kelompok 17, delapan dan 45. Kelompok 17 berposisi di paling depan sebagai pemandu atau pengiring dengan dipimpin oleh suatu Komandan Kelompok (Danpok). Kelompok 17 Ini seluruhnya merupakan anggota Paskibraka.Kelompok 8 berposisi di belakang kelompok 17 sebagai pasukan inti dan pembawa bendera.

P_20160816_200226
Para anggota Paskibraka berkumpul bersiap melakukan renungan suci sebelum resmi dilantik Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin.

Di kelompok ini terdapat 4 anggota TNI atau POLRI sebagai pengawal dan 2 putri Paskibraka sebagai pembawa bendera (sekarang hanya satu pembawa bendera), 3 putra Paskibraka pengibar atau penurun bendera, dan 3 putri Paskibraka di saf belakang sebagai pelengkap atau pagar.

Pasukan 45 berposisi di belakang kelompok 8 sebagai pasukan pengawal pengaman dan merupakan anggota dari TNI atau POLRI dengan senjata lengkap. Untuk tingkat nasional (di istana negara), pasukan 45 terdiri dari anggota paspampres.

Pasukan yang melakukan pengibaran atau pengiriman penurunan bendera dipimpin oleh Komandan Pasukan (Danpas) yang posisinya di sebelah kanan Komandan Kelompok (Danpok) 17.

Danpas merupakan perwira TNI atau POLRI minimal berpangkat letnan atau inspektur hingga kapten atau ajun komisaris polisi (AKP). (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *