Cegah Konflik, Polisi Minta Parpol Beri Edukasi Politik

Caption foto// Perwakilan Partai Politik menandatangani Pakta integritas siap menciptakan pemilu aman, damai dan sejuk. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Kapolsek Taliwang, Iptu. Budi Parangin Angin. (Jum’at/19/10)

SUMBAWA BARAT—Kepolisian Sektor Taliwang, meminta para pengurus dan elit partai Politik untuk ikut memberikan edukasi politik cerdas, taat aturan, aman, damai dan sejuk.

Ini dikatakan, Kapolsek Taliwang, Iptu. Budi Parangin Angin dalam sebuah deklarasi pemilu aman dan damai yang diselenggarakan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), di kantor Camat, setempat, Jum’at (19/10).

“Kami harap masyarakat tidak meragukan netralitas Polri dalam melaksanakan pengamanan pemilu secara profesional. Kami juga minta deklarasi ini bagian dari pakta integritas semua pihak dalam menciptakan pemilu yang kondusif aman, damai dan sejuk,” kata, Kapolsek.

Imbauan dan harapan kepolisian ini disampaikan Budi, sebab, seluruh jajaran dan pengurus elit partai politik peserta pemilu berada di ibu kota Taliwang.

Karenaitulah, sebagai kepala kepolisian sektor ia meminta seluruh pengurus dan elit partai bisa ikut membantu menyelenggarakan tahapan pemilu yang kondusif dan damai tadi.

Ia juga meminta, jajaran penyelenggara pemilu seperti Panwascam dan PPK memperhatikan secara seksama aturan main yang berlaku. Menerapkannya secara profesional serta saling berkoordinasi.

Penyelenggarapemilu kata Budi, adalah mitra kepolisian. Jadi, kata dia, harus netral serta menunjukkan kerja sesuai aturan serta menjadi tim kerja yang baik dengan aparat TNI dan kepolisian.

Kapolsek juga menekankan, bimbingan tehnis diharapkan terus di berikan ke seluruh perangkat pengawas dan pelaksana pemilu hingga ketingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tokoh agama, TG. Burhanuddin, ikut membubuhkan tandatangan guna mendukung pakta integritas bersama perwakilan partai politik dan penyenggara pemilu. Pakta integritas ini sebagai komitmen semua pihak dalam menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk.

Ini dimaksudkan agar konflik atau protes bisa diminimalisir mulai dari  tingkat paling bawah. Maka itu, kata dia, perlu simulasi simulasi agar semuanya terencana terukur dan sesuai ketentuan tuan yang berlaku.

“Intinya kita ingin penyelenggara dan perangkatnya semakin terlatih dan profesional saja,” demikian, Budi.

Sebelumnya, deklarasi Pemilu damai tadi di rangkaian dengan penandatanganan pakta integritas. Masing masing perwakilan pertai politik menandatangani kesepakatan bersama.

Hadir dalam kegiatan tadi, antara lain Panwascam Taliwang, PPK Taliwang, perwakilan partai politik, tokoh agama, Sekretaris Camat (Sekcam) hingga Danramil setempat. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *