Desa Semamung Kembali Mengukir Prestasi di Tingkat Nasional

SUMBAWA, Zonamerah.net — Desa Semamung, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional, dengan terpilihnya menjadi salah satu Desa Brilian se-indonesia.

Melalui surat No 929/bumdes.id/X/2020, menyampaikan, bahwa hasil seleksi dari 575 Desa usulan, terpilih 125 Desa Brilian dari berbagai Daerah di seluruh Indonesia. Desa Brilian adalah Desa yang tanggap, tangguh, dan tetap melakukan inovasi di masa Pandemi.

“Alhamdulillah, Desa Semamung terpilih menjadi Desa Brilian di tingkat Nasional. Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi kita semua. Tentu ini semua tidak luput atas kerja keras seluruh lapisan masyarakat Desa Semamung,” ungkap Rudi Mustaid selaku Kepala Desa Semamung, kepada awak media ini, Senin, (19/10).

Ia juga menjelaskan, untuk dapat masuk menjadi 125 Desa Brilian, adalah berdasarkan 5 kriteria seleksi, yakni, 1. Adanya Bumdes yang aktif, 2. Digitalisasi Ekonomi Desa, 3. Inovasi untuk layanan publik atau peningkatan ekonomi, 4 Kepemimpinan dan kekompakan warga, 5. Ketahanan dan keberlanjutan.

“Desa-Desa yang terpilih akan mengikuti Program Inkubasi Brincubator Goes To Desa Brilian, dari bulan September sampai dengan November 2020. Kegiatan berupa webinar, assesment dan survey online, penilaian program brilian, dan penghargaan,” Pungkas Rudi Mustaid.

Panitia akan menetapkan sebanyak 10 orang pemenang Desa Brilian terbaik, dan memberikan pendampingan khusus pasca program kepada para pemenang. Mengingat masa pandemi, semua kegiatan nanti akan dilaksanakan secara Virtual atau online via Zoom. (ZM.Yan)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *