Diminta Gubernur, Hercules Siap Angkut Warga NTB

MATARAM— Dinas Sosial NTB menegaskan bahwa pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) siap melakukan penerbangan untuk mengevakuasi sedikitnya 99 pengungsi asal NTB dari Jaya Pura, Papua.

“Pak Gubernur sudah meneken surat persetujuan permintaan pesawat Hercules untuk mengevakuasi warga kita. Dan saya sudah koordinasi dengan Komandan Lanud Rambige, dan menyatakan pesawat siap,” kata Kadis Sosial NTB, T. Wismangsih Drajadiah, kepada pers dikantornya, Kamis (3/20).

Evakuasi di jadwalkan, menurut T.Wismaningsih pada hari Jum’at, 4 Oktober 2019 langsung dari Lanud Jaya Pura ke Lanud Rambige, Mataram.

Data Dinas sosial NTB menyebutkan petugas melaporkan jumlah warga NTB yang mengungsi dari Wamena dan daerah lainnya di Papua mencapai 192 orang. 99 diantaranya setuju untuk di evakuasi, 32 sudah keluar dari Papua secara mandiri. 61 sisanya menolak di evakuasi dan ingin tetap bertahan di pengungsian dan menolak dipulangkan ke NTB.

” Untuk yang tidak pulang, mereka atas permintaan sendiri. Kita minta mereka membuat surat pernyataan untuk tidak perlu di evakuasi. Secara umum, kondisi mereka baik, tidak kekurangan makanan dan dalam kondisi sehat,” kata, T.Wismaningsih.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zulkiefli Mansyah telah mengutus tim khusus dari Dinas Sosial (Dinsos) bekerjasama dengan Polda dan TNI untuk mendata, mengevakuasi dan memastikan kondisi kesehatan warga stabil. Pemrprov bahkan mengirimkan logistik berupa bantuan makan, pakaian, selimut dan uang.

Hingga berita ini di turunkan, Pemprov NTB bekerja sama dengan TNI, Polri, Komandan Lanud untuk bersiap menyambut tibanya warga NTB di Mataram. Dinsos juga memastikan telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan penjemputan warga ke daerah masing masing.

“Setelah kita masih berkoordinasi soal kelanjutan pendidikan anak anak warga pengungsi, dan langkah apa yang akan dilakukan pemerintah setelah mereka tiba di daerah masing masing. Masih terus kita bahas yang penting evakuasi dulu,” terang, T. Wismaningsih, lagi.

Dari total 192 warga NTB di Papua, terdapat warga Asal Bima, Dompu, Lombok dan Sumbawa. Namun dari data yang terbanyak berasal dari Bima dan Dompu. (ZM.Win)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *