Seribu Lebih Masyarakat Miskin Di Lombok Dipasangkan KWH Gratis

0
549
div class="td-all-devices">

Ampenan News. MATARAM– Sekretaris Dinas Energi Sumberdaya Mineral Perindustrian Perdagangan (ESDM PRINDAG) Kabupaten Lombok Timur Drs. Andika Istujaya M,Si pada saat ditemui wartawan koran ini Jum’at (17/04/2015) kemarin diruang kerjanya menyampaikan, pada tahun 2015 ini sebanyak 929 Lebih Masyarakat Miskin yang ada di kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan segera mendapatkan bantuan pemasangan KWH gratis dari anggaran APBN.

Dijelaskan oleh Drs. Andika Istujaya M,Si, Program pemasangan KWH gratis bagi masyarakat tidak mampu tersebut diperkirakan dalam waktu dekat ini akan segera terimplementasi, dan untuk saat ini pihak ESDM PRINDAG tengah intens melakukan verifikasi terhadap data-data masyarakat penerima manfaat KWH 450 watt tersebut di 20 Kecamatan.

Adapun kriteria masyarakat penerima manfaat dalam program ini nantinya di khususkan bagi masyarakat yang tidak mampu serta belum memiliki KWH dan dekat dengan jaringan kabel utama PLN maksimal berjarak 40 meter.

Begitu juga di tambahkan oleh Andika Istujaya, program pemasangan KWH secara Gratis bagi masyarakat miskin di Kabupaten Lombok Timur ini nantinya akan di biyayai dari dua sumber pendanaan, yaitu dari APBD I Provinsi NTB dan APBN Pusat dengan perkiraan biyaya hingga mencapai Rp 20 Miliar.

KARIKATUR HUTANG PLN.cdr
Sumber : Radar Madura.co.id

“Kendati dengan demikian, Dalam program ini, ESDM PRINDAG Kabupaten Lombok Timur hanya mengelola program yang bersumber dari APBN saja, sedangkan yang dari APBD I Provinsi NTB itu akan dikelola langsung oleh Pihak Provinsi, “jelasnya.
Berdasarkan data yang ada pada dinas ESDM PERINDAG Kab Lotim terkait dengan program KWH gratis tersebut, sebanyak 425 jumlah masyarakat miskin yang ada di 6 kecamatan di Lotim itu nantinya akan dibiyayai dari Anggaran APBD 1 Provinsi NTB dan sebanyak 929 Masyarakat akan dibiyayai dari APBN pusat.

Selain itu, Mengingat dalam setiap program Gratis dinilai rawan akan terjadinya Pungutan Liar (Pungli) oleh Oknum yang tidak bertanggungjawab. Kepala Dinas ESDM PRINDAG keluarkan WARNING tegas kepada seluruh pegawai ESDM untuk tidak coba-coba bermain dalam program tersebut, karena jika dalam program nanti ada ditemukan pegawai melakukan tindakan di luar prosedur maka pihak dinas tidak akan bertanggung jawab atas perbuatannya, bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here