Babin Polsek Seteluk Buru Kantong Warga Miskin

0
1044
div class="td-all-devices">

Infaq Rp 1000 Terus Di Gencarkan

Kegiatan pengumpulan uang atau sumbangan seakan kini menjadi kebiasaan. Berangkat dari rumah menuju kantor untuk apel pagi, Wibowo langsung saja mengumpulkan sejumlah uang seikhlasnya di kotak yang sudah disediakan.


 

TALIWANG—Gerakan sedekah atau Infaq Rp 1000 perhari, sebagimana yang dicanangkan Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan nampaknya terus digencarkan. Moment bulan suci Ramdhan,  benar benar dimanfaatkan seluruh jajaran Polsek Seteluk berikut Bayangkara Pembina ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

Para Babinkamtibmas ini nampaknya selain menjalankan perintah atasan, mereka mengaku melaksanakan kegiatan sosial berbagi sembako  dan bantuan makanan ala kadarnya untuk berburu pahala.

IMG-20160622-WA0014
Brigadir Kepala (Bripka) Ariyo Wibowo, menyalami Nenek, Siti Jemu, 77 tahun, wanita Lansia. Tidak lupa iapun memberikan bantuan sembako hasil Infaq dan Sedqah rekan rekan Polsek Seteluk.

‘’Setiap pagi kami apel, anggota mengumpulkan minimal Rp 1000 se ikhlasnya. Dana yang terkumpul kita gunakan untuk membantu orang miskin dan susah di  desa desa,’’ujar, Brigadir Kepala (Bripka) Ariyo Wibowo, kepada Zonamerah,  Rabu (22/6) sore, kemarin.

Kegiatan pengumpulan uang atau sumbangan seakan kini menjadi kebiasaan. Berangkat dari rumah menuju kantor untuk apel pagi, Wibowo langsung saja mengumpulkan sejumlah uang seikhlasnya di kotak yang sudah disediakan.

Kebetulan, Wibowo tergerak hatinya menuju Desa Air Suning, Kecamatan Seteluk. Siti Jembu, 77 tahun, wanita lanjut usia itu bisa tersenyum hari itu. Ia tidak meyangka kedatangan anggota Babinkamtibmas berpakain dinas lengkap ternyata hanya ingin bersilaturohmi .

‘’Saya terpikirkan mencari orang yang tidak mampu itu dengan langsung mendatangi kantor desa setempat. Saya bertanya kepada staf desa  siapa warga yang paling membutuhkan bantuan dan perlu disantuni,’’terangnya.

IMG-20160622-WA0020
Suasana kegiatan pengumpulan dana amal dan Infaq anggota Polsek Seteluk, di Mapolsek, Rabu (22/6) pagi, kemarin.

Atas petunjuk staf desa, Wibowo mengaku dipertemukan dengan Siti Jembu. Setelah datang dan melihat dari dekat kediaman wanita ini, Wibowo semakin iba saja. Siti Jembu rupanya tinggal sebatang kara.

‘’Nenek itu tidak memiliki  sanak keluarga dekat. Ia tidak bersuami. Kondisi fisiknya yang renta dan tinggal di gubuk reot, membuat saya sungkan dan prihatin,’’akunya sedih.

Disana, Wibowo menyampaikan amanah dari anggota dan jajaran Polsek  Seteluk  berupa sedeqah sembako, Gula, Telor, Minyak Goreng, Teh celup kotak, dan Mie Instan. Tanpa piker panjang, Siti Jembupun menerima dengan suka cita.

‘’Terimakasih mo anak. Memang jarang ya tulang tu ling tau. Syukur mo, ka sia datang,’’kata, Siti Jembu dengan dialek lokal.

Di desa lain, Babinkamtibmas, Husni Adnan, juga ikut bersilaturohmi ke kediaman, ‘Papen’ Tidoq, 89 tahun , warga Desa Meraran Kecamatan Seteluk. Disana ia merasakan hal yang sama. Suasana kebatinan seakan pecah, bercampur haru. Wanita lanjut usia ini, didapat tengah berbaring sakit. Tua renta, dan tidak bisa berbuat apa apa.

‘’Saya keliling bertanya masuk kampung  keluar kampong mas, mencari rumah Papn Tidoq ini. Alhamdulillah, saya lega bisa melihat beliau dari dekat. Kondisi rumah ibu ini, juga tidak layak. Reot. Ia tinggal bersama  anak dan cucu yang bekerja serabutan,’’tutur Husni.

Disana, tanpa  berfikir panjang Husni langsung saja menyerahkan amanah dari jajaran Polsek Seteluk beruapa bantuan sembako dengan aitem yang sama. Pengumpulan uang yang tidak seberapa, namun manfaatnya dirasakan penting dan sangat berharga, membuat Husni ikut bahagia.

‘’Saya senang, bangga bisa bantu nenek tua ini. Saya berlari ke kios dan toko terdekat untuk membeli beberapa kebutuhan pokok sesuai dengan amanat kawan kawan,’’ujarnya, lirih.

Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Suupartha yang dikonfirmasi diruang kerjanya  mengatakan, kegiatan santunan atau gerakan pagi bersedaqah merupakan amanat dari pimpinan. Ia menjalankan perintah Kapolres AKBP Andy Hermawan dengan senang hati.

Baginya, kegiatan sosial semacam ini akan terus digalakkan, sebagia bentuk kepudlian Polri dengan sesama. Menurutnya,  Polri hari ini dan seterusnya, adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan masyarakat.

‘’Saya dan anggota di Polsek Seteluk ini ada 42 personel. Terdiri dari 18 Babinkamtibmas, dua Polwan beserta unit lainnya. Itu sudah menjadi budaya atau tradisi di lingkungan Polsek. Setiap pagi bersedaqah, sangat bermanfaat tidak hanya bagi orang yang membutuhkan tetapi bagian dari ibadah anggota sendiri,’’demikian, Kapolsek. (ZM.ndy-01)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here