Kerja Keras Berantas Curanmor Buahkan Hasil

0
191
div class="td-all-devices">

Keterangan foto : Dua Tersangka, PRH 22 tahun, dan SPD, 19 tahun  warga kelurahan Bertong Taliwang dan Kecamatan Utan, Sumbawa Besar ditahan polisi

TALIWANG—Jajaran kepolisian Sumbawa Barat terus saja menggencar perburuan terhadap pelaku pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) . Selain terus mempersempit ruang gerak aksi para residivis curanmor melalui patroli didaerah rawan, polisi juga terus menuntaskan target operasi mereka.

Baru baru ini, aksi curanmor terjadi di RT 005 RW 003 Dusun Karya Makmur Desa Kokarlian Kecamatan Moto Tano. Korbannya Wayan Kangsa, 64 tahun. Petani ini baru saja melaporkan kehilangan sepeda motornya, Yamaha Jupiter warna biru metalik.

IMG-20160718-WA0001
Barang bukti sepeda motor milik Wayan Kangsa warga Dusun Daya makmur yang dicuri residivis Curanmor, ditemukan tergelatk di semak belukar wilayah perbatasan Sumbawa dan Sumbawa Barat, Minggu. Polisi berhasil menangkap kedua pelaku hanya selang beberapa jam seusai menerima laporan korban

‘’Motor saya dibawa cucu saya, Gde Sumardiana ke kebun tidak jauh dari rumah. Motor itu dicuri dan hilang ketika Gde hendak kembali dari kebun,’’kata Wayan kepada Polisi, Minggu (17/7).

Ia mengatakan, kendaraan tersebut telah dalam keadaan terkunci stangnya. Namun mampu dirusak oleh pelaku dengan alat kunci T. Yamaha Jupiter dengan nomor polisi EA 5644 HA diduga dibawa kabur kawanan curanmor yang biasa beroperasi di pemukiman sekitar.

‘’Pak wayan telah melaporkan kejadian ini. Kami langsung tindak lanjuti dengan berkoordinasi dengan satuan intelijen. Atas perintah Kapolsek, hari itu juga kami lakukan perburuan,’’kata, Kanit Reskrim Polsek Seteluk, Aiptu Danang, kemarin.

Rupanya kepolisian setempat teah mengantongi sejumlah identitas para pelaku curanmor di wilayah Sumbawa Barat khususnya wilayah hukum polsek Seteluk dan Poto Tano. Dari berbagai informasi dan hasil Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), polisi berhasil mengidentifikasi pelaku barada diwilayah perbatasan Sumbawa dan Sumbawa Barat diseputaran Batu Guring.

Tim buser polsek diterjunkan kelokasi karena infomrasi dari masyarakat sendiri. Benar saja, sesaat sebelum polisi tiba dilokasi pelaku diduga dua orang berboncengan motor curian itu, panik dan tancap gas melihat polisi. Apesnya, keduanya terlibat kecelakaan di sebuah tikuangan tidak jauh dari lokasi batu guring hingga terjatuh dan terpental. Dalam kondisi luka luka, polisi langsung saja menangkapm keduanya dan dijebloskan ke sel tahanan Mapolsek setempat, hari itu juga.

‘’Semua unit memang sudah kita siagakan. Begitu ada instruksi langsung dari Kapolres bahwa kasus tigas C, seperti Curas, Curat dan Curanmor menjadi atensi serius, unit ini langsung melaksanakan perburuannya tanpa henti,’’kata, Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha, dikonfirmasi, Senin.

Dua tersangka residivis yang berhasil ditangkap polisi, yakni, PRH, 22 tahun warga Kelurahan Telag Bertong Taliwang dan SPD alias Bron, 19 tahun warga Kampung Tengah Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Besar.

Bersama kedua tersangka polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor dan kunci T. Pengungkapan kasus curanmor ini menambah panjang daftar pengungkapan kasus curanmor yang dilakukan kepolisian setempat. Sebelumnya tim gabungan Polres berhasil juga mengamankan satu pelaku curanmor di Taliwang, berikut sebuah barang bukti sepeda motor bebek Yamaha serta pelaku Curat lainnya, dengan barang bukti Telivisi, Labtob dan lain lain.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan menegaskan telah membentuk timsus dari gabungan semua unit untuk memberantas kasus tiga C tadi. Kapolres bahkan mengancam anggotanya untuk diberi sanksi tegas jika gagal mengungkap kasus kasus yang meresahkan masyarakat itu. (ZM-ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here