FKDM Jadi Ujung Tombak Pengelolaan Keamanan

0
233
div class="td-all-devices">

TALIWANG–Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Sumbawa Barat resmi membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

P_20160815_095442
Suasana kegiatan pemilihan pengurus FKDM tingkat Kabupaten Sumbawa Barat, di ruang pertemuan kantor Kesbangpoldagri, Senin, (15/8)

FKDM adalah organisasi non pemerintah yang bertugas melakukan deteksi dini kondisi keamanan dan ketertiban sosial masyarakat. Lembaga ini difungsikan sebagai organisasi sayap pemerintah daerah dibidang deteksi ancaman keamanan dan mitra dari Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) setempat.

Kepala Kesbangpoldagri Sumbawa Barat, Jhoni Hartono, mengatakan, sesuai undang nomor 2 tahun 2006 FKDM dibentuk dari tingkat kabupaten hingga ke desa. Keanggotaan FKDM terdiri dari unsur masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh muda, serta tokoh LSM dan ormas lainnya.

Peserta yang hadir terdiri dari puluhan orang yang mewakili berbagai unsur tadi. Setelah berdiskusi panjang serta mendengar saran ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Syamsul Ismail, LC akhirnya forum merekomendasikan, ketua, Irfan Supriadi perwakilan akademisi, Sekretaris, Kamaruddin, SH perwakilan tokoh pemuda, dan bendahara Ilham Yunus, tokoh NGO Sumbawa Barat.

Semua anggota forum sepakat melaksanakan tugas dan tanggung jawab guna mensukseskan tugas FKDM guna memperkuat terselenggaranya keamanan dan ketertiban masyarakat dengan deteksi dini.

FKDM diharapkan berperan strategis dalam membantu pemerintah melalui KOMINDA, guna memperkuat pengelolaan situasi daerah dari gerakan dan partisipasi masyarakat. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here