Bupati Pesan Sekda ‘Jaga Pemerintahan’

0
329
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin mengambil sumpah jabatan, Abdul Azis, SH.MH sebagai pejabat Sekda yang baru.

TALIWANG—Bupati Sumbawa Barat, resmi melantik Sekretaris Daerah (Sekda), Abdul Aziz, SH.MH diruang lobi utama Graha Fitrah, dimana kepala daerah dan wakil kepala berkantor.

Abdul Aziz dilantik dan diambil sumpah jabatannya langsung oleh Bupati atas nama Gubernur, dihadapan para Muspida kepala SKPD, BUMD, swasta serta tamu undangan.

Pelantikan nama Abdul Aziz seperti sudah diprediksi sebelumnya. Nama asisten I tata praja itu sudah disebut sebut bakal menduduki jabatan orang nomor tiga di jajaran pemerintahan Sumbawa Barat itu. Kepala daerah seperti bisa menyampaikan sambutan, pesan pesan normatif. Diantaranya, bagaimana pentingnya koordinasi. Menurut bupati, koordinasi memang mudah diucapkan tapi sulit dijalankan.

P_20160824_114347
Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Abdul Azis, SH.MH memberikan keterangan pers diruang kerjanya sesaat setelah dilantik sebagai Sekda yang ke 4.

Namun, ada pernyataan bupati yang sangat menggelitik kalangan pers yang meliput hari itu. Ia menekankan sebuah keputusan penting hari ini akan menentukan masa akan datang.

“Saya ingatkan, apapun keputusan kita hari ini akan menentukan masa yang akan datang. Camkan itu!!!!,” ujar kepala daerah.

Pernyataan ini terus di uang ulang beberapa kali. Seolah olah memberi pesan mendalam bahwa keputusan bupati hari ini akan menentukan kondisi dimasa akan datang. Pun demikian, dengan keputusan Sekda hari ini, akan menentukan pemerintahan akan datang.

Kalimat ini tentu masih bisa diperdebatkan karena banyak mengandung makna. Namun yang pasti posisi sekda sangat strategis dalam membantu kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Keputusan hari ini akan menentukan apa yang terjadi dimasa yang akan datang,” kata Bupati mengulang kembali pernyatannya.

Sementara itu, Sekda Sumbawa Barat, Abdul Aziz mengakui baru mengetahui jadwal pelantikan dirinya sebagai sekda, pada Rabu (24/8), pukul 10.00 wita. Aziz bahkan sedikit membuka informasi kepada wartawan bahwa ia sesungguhnya telah mengetahui bahwa ia terpilih dan dilantik sebagai sekda sejak tanggal 9 Agustus 2016 lalu.

” Cuma memang saya baru tahu kalau pelantikannya hari ini,”ujarnya, jumpa pers dengan wartawan diruang kerjanya, kemarin.

Abdul Aziz menyinggung tugas pertama yang ia lakukan adalah menggodok perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Diantaranya terjadi perubahan badan, kantor dan dinas. Ini sesuai dengan ketentuan undang undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Selanjutnya, ia juga memprioritaskan menggodok kepangkatan pegawai menjelang mutasi atau pergeseran jabatan nanti.

“Tapi jadwal mutasi tergantung perintah Bupati. Beliau bilang paling telat akhir Desember 2016 ini,” demikian, Aziz. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here