Polwanpun Ikut Berbagi Untuk Sesama

0
327
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Suasana pemberian bantuan Sembako dari Polwan yang dipimpin Kasat Lantas, Iptu. Tira Karista, Senin (29/8). Kegiatan ini bagian dari kampanye program donasi  Rp 1000 untuk sesama, yang dicanangkan Kapolda NTB.


TALIWANG— Keikutsertaan dalam membangun jiwa gotong royong dalam membantu sesama memang bukan tugas utama polisi. Akan tetapi tidak ada salahnya, jika sebagai manusia ikut merasakan apa yang dirasakan sebagian kecil masyarakat kita yang kurang mampu.

IMG-20160829-WA0021
Kegiatan Polwan dari Jajaran Satuan Lalilintas mengunjungi warga tidak mampu.

Gerakan donasi Rp 1000 sebagaimana yang digagas Kapolda NTB dan Kapolres Sumbawa Barat terus dikampanyekan hingga kini. Banyak sudah buah dari sumbangan ikhlas para polisi ini menyasar warga prasejahterah. Bentuknya beragam, mulai alat tulis, sepatu bagi anak sekolah tak mampu hingga bahan makanan.

Gerakan membumikan donasi atau santunan ini juga kembali dilaksanakan para Polisi Wanita (Polwan) di jajaran lalulintas Polres setempat. Disela sela melaksanakan tugas negara melayani masyarakat seperti sosialisasi standar berkendara yang aman, penggunaan helm hingga memeriksa kelengkapan surat surat kendaraan dijalan raya, para Polwan ini menyempatkan waktu mengumpulkan sebagian dari rizki mereka membeli bahan makanan seperti Sembako.

“Sayakan baru dan masih menyesuaikan pengenalan wilayah. Saya minta anggota mencarikan keluarga kita warga masyarakat yang tidak mampu untuk menerima bantuan kami,”kata, Kepala Satuan (Kasat) Lalulintas, Iptu. Tira Karista, Senin (29/8).

Perwira kepolisian wanita pertama yang bertugas di Sumbawa Barat itu nampaknya semakin terbiasa saja dengan tugas rutin di kepolisian setempat. Memimpin anggota untuk berpatroli dan mengamankan jalan raya seolah semakin mantap saja dengan kegiatan sosial tadi.

“Kami sempat mendatangi seorang wanita Lanjut Usia (Lansia) di Kelurahan Bugis Taliwang. Ibu ini nampaknya sakit, kaki kiirnya mati rasa atau lumpuh. Ia terbaring saja. Kami sempatkan waktu menengok beliau dan memberikan bantuan seadanya. Meski tak seberapa saya lega bisa membantu,”terangnya lagi.

IMG-20160829-WA0020
Menyalami Inag Jamila, 50 tahun, wanita Lansia kurang mampu, menunjukkan rasa hormat kepada orang lebih tua.

Hari itu, jajaran Polwan sedikitnya mendatangi lima lokasi warga kurang mampu untuk berbagi. Beberapa diantaranya kampung nelayan di Desa Labuhan Lalar, Taliwang. Ada juga wanita penyandang masalah sosial seperti Tuna Rungu di Pasar pusat ibu kota Sumbawa Barat itu.

Inag Jamilah, 50 tahun, warga lingkungan Songa, Kelurahan Bugis salah satu warga yang didatangi sedikitnya 15 anggota Polwan. Dipimpin, Iptu Tira, anggota kepolisian ini melihat dari dekat keseharian ibu tua renta itu.

“Memang kondisinya memprihatinkan mas. Di usia seperti itu, wanita itu memang harus dirawat lebih baik,”ujarnya, singkat.

Gerakan sosial ini selaras dengan pencanangan program gotong royong yang di gagas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Gotong royong artinya gerakan bersama dengan kesadaran sendiri berbuat bersama untuk membantu sesama serta untuk kebaikan bersama pula.

Giat para Polwan ini juga dilaksankan memanfaatkan momentum menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan yang ke 68 yang bakal jatuh pada 1 September nanti. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here