‘Tokrep’ Layanan Darurat Berbasis IT

0
325
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Beginilah gambaran rencana pembuatan Poskamling modern yang dimulai dari wilayah Polsek Seteluk.

TALIWANG—Kepolisian di Sumbawa Barat terus saja memikirkan berbagai inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

kriminalitas, kecelakaan lalulintas kerap memakan korban jiwa dan luka luka, kebakaran bahkan kondisi bencana datang tidak diduga duga, maka itu perlu ada perangkat yang hebat yang bisa membantu aparat negara baik itu pemerintah dan polisi bisa menangani kondisi kedaruratan secara, cepat, tepat dan efisien.

img-20160907-wa0004
Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S.I.K tengah memberikan keterangan soal Promoter Kapolri.

“Kami sudah merancang dan menyusun perangkat tehnologi aplikasi berbasis androit atau jaringan informasi kedaruratan,” kata, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, dalam konferensi pers yang digelar, Rabu (7/9).

Keterangan ini diberikan kepala kepolisian setempat guna menindaklanjuti instruksi Kapolri melalui Kapolda NTB. Kapolres mengatakan, sejumlah perwira diminta melakukan kajian tehnis dan non tehnis bagaimana agar informasi kondisi darurat  bisa terkoneksi dengan sistem Informasi dan Tehnologi (IT) di polres. Misalnya, kecelakaan terjadi di wilayah Seteluk atau wilayah yang jauh dari jangkauan polisi. Masyarakat cukup membuka aplikasi ‘Tombol Krepo’. Tombol Krepo artinya tombol darurat, emergenci atau panik button.

Nama itu diambil dari bahasa lokal Taliwang. Krepo artinya panik atau darurat. Tombol ini yang disediakan dalam aplikasi androit di handphone warga. Kapolres mengatakan proses pembuatan aplikasi ini dilakukan oleh ahli. Nanti akan disosisalisasikan serta diuji coba di wilayah polsek Seteluk sebagai pilot projek atau percontohan.

“Saya sudah serahkan kepada kapolsek Seteluk untuk uji coba dan memimpin tehnisnya,” ujar, Andy didampingi Kabag Ops, Kompol Martawan, Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha serta para kasat.

img-20160907-wa0003
Suasana konfrensi pers, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan dengan wartawan.

Andy Hermawan mengatakan, uji coba tadi juga akan dilakukan melalui pembuatan jaringan pos kamling di desa. Jadi ada pos kamling  di desa, dibuat lengkap dengan standarisasi IT yang memadai. Misalnya, tombol Tokrep tadi, CCTV, alarm bahaya bencana kebakaran dan lain lain. Bahkan, seorang Bhabinkamtibmas Desa Seteluk Atas telah merancang konsep pos kamling modern tadi, dilengkapi perangkat IT.

“Tujuannya, agar situasi darurat bisa langsung terkoneksi dengan server dan tersambung langsung dengan ambulance, pemadam hingga polisi terdekat. Jadi korban kebakaran, kecelakaan dan bencana visa langsung ditangani unit terdekat,” kata, Kapolsek Seteluk menambahkan.

Jadi menurut kapolsek, perangkat aplikasi ini dapat diakses melalui playstore. Setelah masuk, warga bisa mengisi identitas dan nomor telepon. Cara kerjanya, jika tombol ditikan server langsung melacak posisi TKP dan lokasi anda. Data server akan langsung terkoneksi dengan polisi terdekat dan ambulance jika kecelakaan. Khusus kebakaran, warga cukup menekan tombol di poskamling modern. Sehingga serine pun berbunyi. Data tombol alarm akan masuk juga di polsek dan aparat penanggulangan bencana, baik di desa atau di kecamatan. Apalagi, kebijakan bupati satu kecamatan satu pemadam.

kebijakan layanan berbasis IT yang digagas kepolisian ini sesuai dengan program Promoter Kapolri. Promoter itu adalah Profesional Modern dan Terpercaya. Setidaknya ada 11 kebijakan yang masuk dalam promoter. Pertama, pemantapan reformasi internal Polri. Kedua, meningkatkan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis IT.

Ketiga, penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intolreansi yang lebih optimal. Peningkatan profesionalitas polri menuju keunggulan. Meningkatkan kesejahteraan anggota polri. Tata kelembagaan pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan minimal, sarpras, pembangunan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas. Penguatan Harkamtibmas. Penegakkan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan dan penguatan pengawasan dan terakhir Quick Wins. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here