Bhabinkamtibmas Ujung Tombak Salurkan Daging Qurban

0
289
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan tengah memantau jalannya kegiatan pantia Qurban di Mapolres, Senin (12/9).

‘’Saya secara khusus telah mengintruksikan, Bhabinkamtibmas seluruh wilayah untuk menyalurkan daging daging qurban ini. Mengapa Bhabin, karena Bhabinkamtibmas adalah perwakilan polisi di desa. Mereka yang lebih tahu kondisi warga mereka, yang benar benar membutuhkan,’’

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S.I.K


img-20160914-wa0011
suasana aktifitas pemotongan hewan Qurban di Mapolres Sumbawa Barat, Senin (12/9).

TALIWANG—Kepolisian Sumbawa Barat ikut melaksanakan kegiatan Qurban menyambut hari raya Idul Adha, 1437 Hijriah. Seperti sudah menjadi kebiasaan, setiap seorang anggota keluarga besar korps Bhayangkara itu, menyisihkan sebagian penghasilan mereka selama satu tahun penuh guna bisa berbagi kepada sesama di hari raya ini.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan mengatakan, Kepolisian di Sumbawa Barat tahun ini menyumbangkan setidaknya 50 ekor Sapi Qurban. Jumlah ini sedikit lebih besar dari tahun tahun sebelumnya yang berjumlah 46 ekor. Kebijakan Qurban ini digagas kepemimpinan sebelumnya.

img-20160914-wa0012
Panitia Qurban Polres Sumbawa Barat tengah bekerja mengisi kantong daging.

‘’ Kita sudah bicarakan secara internal. Qurban kita alokasikan langsung kepada mereka yang membutuhkan. Polres sendiri selain melakukan pemotongan sendiri, juga disebar ke seluruh Polsek Polsek,’’kata, Andy dalam siaran pers, yang diterima zonamera.net, Selasa, kemarin.

Di Mapolres sendiri, kata dia, ada sedikitnya 10 ekor Sapi yang disembelih. Panitia penyembelihan hewan Qurban bertugas melakukan pembagian daging qurban yang sudah dipotong. Selain melibatkan anggota, panitia penyaluran hewan qurban ini juga melibatkan masyarakat sekitar polres.

img-20160914-wa0009
Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha dan ulama Seteluk, KH. Dea Guru Zulkifli Daud.

Andy menegaskan, berqurban merupakan kewajiban bagi ummat muslim, hanya saja, khusus internal Polri, berqurban memiliki makna khusus. Yakni, moment yang baik agar setiap anggota polri ikut merasakan hikmah dan indahnya berbagi dari sedikit nikmat yang diberikan allah dari penghasilan mereka.

‘’Saya secara khusus telah mengintruksikan, Bhabinkamtibmas seluruh wilayah untuk menyalurkan daging daging qurban ini. Mengapa Bhabin, karena bhabinkamtibmas adalah perwakilan polisi di desa. Mereka yang lebih tahu kondisi warga mereka, yang benar benar membutuhkan,’’demikian, Kapolres.

Sementara itu, pantauan wartawan di Mapolsek Seteluk, Rabu (14/9) pagi kemarin, keluarga besar kepolisian diwiayah ini baru melakukan pemotongan hewan qurban. Kapolsek Seteluk, AKP Kadek Supartha, mengatakan, pemotongan kali ini sengaja diundur sehari setelah hari raya.

img-20160914-wa0010
Iptu Lalu Agus, Wakapolsek selaku ketua panitia qurban Mapolsek Seteluk tengah melihat suasana pemotongan di Mapolsek, Rabu (14/9).

Kadek mengatakan pihaknya masih fokus pemantau keamanan dan mengamankan jalannya aktifitas berquran masyarakat. Ia hanya ingin memastikan, ibadah qurban bisa berjalan lebih khidmad di Seteluk.

‘’Kita sendiri memotong delapan ekor Sapi. Di Polsek ada lima ekor, satu dikirim ke Desa Mantar dan dua ekor di Poto Tano. Itu dilakukan untuk lebih mengefisiensi waktu,’’ujarnya, lagi.

Sama seperti di Mapolres, Polsek Seteluk juga membentuk panitia khusus penyaluran hewan qurban. Kapolsek bersama ulama setempat, KH Dea Guru Zulkifli Daud memberikan sambutan pada apel pengarahan sebelum para Bhabinkamtibmas turun menemui warga.

img-20160914-wa0013
Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Seteluk Atas, ikut membantu warga menyembelih Hewan Qurban. foto (12/9)

‘’Intinya, kita semua harus fokus kepada maksud dan tujuan berqurban. Kita jalan dengan niat tulus dan berbagi kepada orang yang benar benar membutuhkan. Insya allah, yang maha kuasa akan meridhoi pengorbanan kita semua,’’ujarnya.

Sementara Kapolsek mengintruksikan, agar para Bhabin ini sesegera mungkin menyalurkan daging qurban kepada warga lebih pagi. Agar bahan makanan ini bisa dinikmati warga yang tidak mampu lebih awal untuk lauk mereka bersama keluarga. (ZM.ndy-01)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here