RAPI Dukung Harkamtibmas Polri

0
461
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Pose bersama Durektur Ponpes Modern Dea Malela, Hidayat, S.Pd bersama tim RAPI Sumbawa.

 
SUMBAWA—Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat menyatakan dukungan terhadap kebijakan Promoter yang di gagas Kapolri Jenderal Polisi Drs. H.M Tito Karnavian, M.A.Ph.D.

Profesional Modern Terpercaya (Promoter) menurut RAPI merupakan program kekinian dimana polisi dimungkinkan berinteraksi intensif dengan masyarakat. Apalagi, kapolri menekankan perubahan sikap mental anggota polri melalui peran bhabinkamtibmas dan penguatan partisipasi masyarakat.

Organisasi yang bediri sejak 2012  fokus memperkuat komunikasi sosial melalui frekwensi radio guna menyambungkan informasi antar penduduk dari pelosok ke pelosok yang sulit dijangkau alat komunikasi lebih midern seperti internet dan jaringan telepon.

p_20161021_143248
Sekjen RAPI Sumbawa, NTB, Rahman Arif Suprianto S.Sos

Peran serta RAPI diharapkan sejalan dengan kebijakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dijalankan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sebagai organisasi komunitas radio RAPI juga memiliki visi misi membantu deteksi dini gangguan kamtibmas, bencana serta kerawanan sosial lainnya. Yang terpenting, kata dia, RAPI berperan sebagai stabilitator sosial dan ikut mensukseskan program pemerintah dan penguatan NKRI.

“Kami ingin membuka jaringan luas di semua wilayah kecamatan, antar kabupaten bahkan antar provinsi. Kami organisasi swadaya. Maka itu, kerjasama dengan aparat keamanan sangat diperlukan, terutama Polri,”kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) RAPI Rahman Arif Suprianto, S.Sos, atau nama udara JZ 15 RQ, dikonfirmasi, Jum’at (21/10).

Arif yang juga mantan kepala staf Resimen Mahasiswa (Menwa) Rinjani tahun 1988 mengatakan bahwa sejatinya keberadaan RAPI Kabupaten Sumbawa memiliki visi mewujudkan penguatan pertahanan dan keamanan negara melalui penciptaan kader kader bela negara diseluruh wilayah Sumbawa, NTB bahkan secara nasional.

p_20161021_101027
Tim Humas RAPI berpose bersama dengan jajaran Polsek Lenangguar saat pemasangan sapnduk sambut kedatangan Kapolri di gerbang utama Ponpes modern Internasional Dea Malela.

Ia juga menekankan agar pemerintah daerah  mendukung program program RAPI, karena peran organisasi ini sangat strategis guna membuka  ketelisoliran informasi untuk menjaga keamanan dan mendukung kebijakan pemerintah melayani rakyat.

“Saya berharap kepada bapak Kapolri untuk memerintahkan jajaran atau Bhabinkamtibmas agar bersinergi dengan anggota RAPI dilapangan dalam mendukung kebijakan Polri dan pemerintah serta melayani masyarakat,”demikian, Rahman.

Saat ini RAPI berhasil menggandeng pemerintah desa untuk mendukung dan menggalang kegiatan informasi masyarakat. Bahkan desa desa mengalokasikan anggaran melalui APBDes guna pembelian perangkat radio.

Data Humas RAPI meneyebutkan saat ini anggota dan kader RAPI mencapai lebih dari 200 orang. Mereka tersebar di 27 kecamatan se Kabupaten Sumbawa. Sesuai ketentuan undang undang, RAPI telah mengurus izin penggunaan frekwensi atau Callsighn melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

“Data anggota yang memiliki Callsign ada 76 orang serta sisanya berstatus kader kader,” tutup, Humas RAPI, Junaidi Messa.(ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here