Money Politik Masih Warnai Sengketa Pilkades

0
517
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Suasana pengamanan perhitungan suara Pilkades, TPS  V Desa Sapugara Bree, 6 November 2016.

TALIWANG—Pemerintah Sumbawa Barat   melaporkan bahwa majelis sengketa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) resmi menerima sedikitnya, tiga laporan sengketa Pilkades.

Ketiga laporan tadi kini bersiap memasuki sidang sengketa yang di laksanakan majelis sengketa Pilkades yang sebelumnya sudah di bentuk Panitia Pemelihan Kepala Desa (PPKD) tingkat kabupaten.

“Ketua mejelis kini tengah berkonsultasi dengan Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa membahas aturan beracara. Majelis sengeketa terdiri dari sembilan anggota dan dua hakim dan satu hakim ketua,”ujar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPM Pemdes), Mulyadi, dikinfirmasi wartawan, Rabu (9/11).

img-20161109-wa0001
Suasana perhitungan surat suara di salah satu TPS Pemilihan Kepala Desa, di  Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang.

Sejumlah desa yang melayangkan sengeta Pilkades antara lain, Desa Poto Tano, Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk dan Desa Manemeng Kecamatan Brang Ene. Desa Poto Tano di laporkan terjadi kelebihan surat suara dari yang semestinya. Selanjutnya Desa Bukit Damai, di laporkan mengesahkan surat suara yang seharusnya batal dan yang terakhir Desa Manemeng di laporkan money politik.

Menurut Mulyadi, laporan sengketa inilah yang akan di sidangkan oleh majelis sengketa Pilkades. Dalam sidang ini juga menentukan apakah sengketa ini mengandung unsur tindak pidana atau tidak selain sengketa perhitungan  sah tidak sahnya surat suara.

“Nanti kita lihat ada unsur tindak pidana atau tidak. Kalau ada akan ditangani kepolisian,”ujarnya lagi.

Mulyadi mengatakan, rujukan penyelesaian sengketa Pilkades berasal dari undang undang, permendagri ada juga Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).  Sesuai pasal 52  Perbup Nomor 30 A tahun 2016 menyebutkan penyelesaian sengketa Pilkades dilaksanakan selabat lambatnya 30 hari sejak kasus sengketa di daftarkan oleh calon yang keberatan.

Sebelumnya, secara umum pelaksanaan Pilkades di Sumbawa Barat berjalan aman dan lancar. Pengamanan di dukung penuh oleh kepolisian dan TNI. Saat ini sejumlah kotak suara berserta surat suara yang di laporkan masuk dalam laporan sengketa kini sudah berada di kantor kecamatan guna diamankan serta di jaga ketat aparat keamanan. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here