IARMI Road Show Perkuat Ketahanan Nasional

0
300
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Ketua, Pengurus IARM NTB dan Sumbawa berpose bersama.

“Kita tidak terlibat politik atau gerakan politik. Tugas kita membantu dan bersinergi dengan pemerintah provinsi dan daerah untuk melaksanakan bagian dari tugas menjaga dan memperkuat ketahanan nasional melalui kegiatan sosial, seperti kebencanaan, kesehatan dan pendidikan,”

Ketua DPP IARMI NTB, Zulman Haris.


SUMBAWA—Guna memperkuat pertahanan dan ketahanan bangsa, berbagai elemen bangsa diharapkan bersinergi guna ikut andil dalam membangun ketahanan nasional melalui kegiatan konstruktif dan partisipatif.

Inilah visi utama, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Dewan Pengurus Provinsi (DPP) NTB. Organisasi ikatan alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) yang berdiri dan di bentuk kementerian Pertahanan (Menhan) dengan dibina langsung TNI era Presiden Soeharto itu kini menjelma menjadi sebuah organisasi sosial mitra kerja pemerintah.

img-20161119-wa0002
Persiapan acara silaturohmi atau Road Show DPP IARM NTB, di Sumbawa Besar.

“Kita tidak terlibat politik atau gerakan politik. Tugas kita membantu dan bersinergi dengan pemerintah provinsi dan daerah untuk melaksanakan bagian dari tugas menjaga dan memperkuat ketahanan nasional melalui kegiatan sosial, seperti kebencanaan, kesehatan dan pendidikan,” kata, ketua DPP IARMI NTB, Zulman Haris, kepada zonamerah.net, di aula kantor Perusahaan Daerah (Perusda) Sumbawa, Jalan Kartini, Sabtu (19/11).

Sulman mengatakan, hari ini pihaknya melakukan kegiatan temu kader dan konsulidasi internal anggota dan calon kader Menwa. Alumni Menwa di harapkan bisa kembali terkonsulidasi agar menjadi ujung tombak menciptakan kader baru yang memiliki fokus tugas di bidang sosial dan pendidikan tadi.

Ia mensinyalir bahwa pendidikan karakter atau Carakter Building semakin pupus dewasa ini. Itu makanya, IARMI hadir untuk memperkokoh pembangunan karakter mahasiswa dan kalangan pendidikan guna menjadi warga negara yang bermental pembangun, kreatif dan innovatif.

“Ini tugas berat kami. Itu makanya, kehadiran kami di Sumbawa ini untuk melakukan road show temu kader dan alumi Menwa untuk kembali memperkuat soliditas,” kata dia.

Ikatan alumni ini kata Zulaman berasal dari berbagai latar belakang profesi dan tugas. Dewan pembina misalnya dari dinas sosial dan dukcapil, telah memiliki program kader pemuda Tanggap Bencana (Tagana). Ada juga ikatan yang berprofesi sebagai paramedis. Mungkin kegiatan sosialnya antara lain berkoordinasi antisipasi bencana, evakuasi atau juga kegiatan donor darah.

IARMI juga mendukung dan mengawal program Presiden Jokowi Dodo guna megoptimalkan sasaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar serapannya tepat sasaran dan ikut terbangunnya sumber daya pendidikan yang berkualitas.

“Kami berterimkasih kepada media massa. Ia berharap media massa ikut membentuk karakter masyarakat yang membangun, partisipatif dan tidak justru sebaliknya malah pasif dan apatis. Media berperan strategis dalam membantu menjaga pertahanan dan ketahanan bangsa,”demikian, Zulman Haris.

Acara road show IARMI di Sumbawa berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan. Kader dari alumni Menwa terlihat berkumpul bersilaturohmi kembali, sembari mengenang masa pendidikan dan pelatihan dulu. Mereka saling bertukar informasi dan berkonsulidasi guna menentukan rencana program kedepan.(ZM.Irwanto/Jn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here