Pasukan Brimob Juga Ikut Bedah Rumah Swadaya

0
330
div class="td-all-devices">
SUMBAWA BARAT—-Satuan Brigade Mobil ( Brimob ) Kabupaten Sumbawa Barat melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni di Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Sebanyak 5 unit rumah warga tidak mampu menerima bantuan bedah rumah. Satu diantaranya Inaq Menep Dusun Maluk Loka, Kecamatan Maluk.
Aksi sosial bedah rumah milik warga yang kurang mampu oleh anggotanya diharap bisa sedikit membantu dan merekondis kembali rumah warga yang memang membutuhkan.
Sehingga dengan adanya bantuan bedah rumah diharapkan kondisi rumah menjadi layak huni, hal ini dikatakan oleh IPTU Sulaiman Komando Kompi Satuan Brimob Polres Sumbawa Barat Polda NTB kepada media ini. Anggota Brimob bersama warga secara bergotong royong membantu tenaga dan material dan para ibu –ibu menyiapkan makanan dan minuman saat proses bedah rumah berlangsung.
“Renovasi ini sekitar satu hari , seluruh biaya pembangunan dari swadaya anggota brimob yang disisipkan dari gaji anggota sebanyak Rp 20.000/anggota setiap bulannya “ terang Sulaiman.
Menurut Sulaiman, pembangunan Renovasi rumah warga tidak mampu ini bukan teremasuk program bedah rumah yang dianggarkan pemerintah, ini murni dari swadaya anggotanya berupa pemotongan gaji Rp 20.000/anggota setiap bulannya dari 120 anggota brimob yang ada, hal ini dilakukan semata-mata untuk meringan beban warga tidak mampu dan untuk menjalin rasa persaudaraan antara anggota dengan masyarakat agar terjalin hubungan yang harmonis.
Sebelum dibongkar awalnya rumah tersebut terbuat dari bahan bambu dan dinding bedek, setelah rehab selesai konstruksi bangunan berubah menjadi semi permanen,” ini murnia swadaya anggota, intinya saling gotong royong untuk membantu sesama warga yang tidak mampu “ terang sulaiman.
Bukan hanya bedah rumah yang dilakukan oleh anggotanya, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa kasur dan sarung dan sembako bagi warga yang kurang mampu serta menyumbang kepada masjid-masjid yang mengalami kerusakan.
kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan juga sebagai sarana silaturahmi antar personel satuan Brimob Polres Sumbawa Barat dengan masyarakat.
“Ini merupakan agenda tahunan Satuan Brimob Polres Sumbawa Barat dalam meningkatkan tali siraturahmi dengan warga. tujuannya, melalui ini kita jadikan sebagai tempat silaturrahmi dan membantu umat agar tidak ada lagi kesenjangan antara aparat dengan masyarakat,” kata Sulaiman  yang menjabat sebagai Komandan Kompi Satuan Brimob Sumbawa Barat.
Danki Brimob menekankan kembali dimana bila mau aman kita harus punya iman yang kuat , dan hal tersebut dapat diterapkan disegala kegiatan dengan didasari dengan keimanan yang kuat terutama ibadah membagi rizeki Allah dengan sesama. Bantuan bedah rumah tersebut, dalam bentuk material bangunan, diantaranya pasir, semen, kayu dan lainnya.
“Sebelumnya rumah saya sudah hampir roboh, setelah mendapat bantuan sekarang alhamdulillah rumah saya tidak bocor lagi,” Inaq Menep.
Dia mengungkapkan, sebelum dibanguan rumahnya separuh bilik yang sudah hancur. Demikian pula kondisi atap bangunan rumah yang berukuran 5 x 8 meter nyaris runtuh, sudah miring.
 
“Saya menerima bantuan dari Brimob. Untuk membangun kembali, dikerjakan secara gotong royong oleh anggota brimob bersama warga,” katanya. ( Edi Chandra )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here