KABAR PARLEMEN

0
253
div class="td-all-devices">

INFORMASI INI DITAYANGKAN ATAS KERJASAMA SEKRETARIAT DPRD SUMBAWA BARAT DENGAN MEDIA ONLINE zonaerah.net.


DPRD SUMBAWA BARAT GELAR PARIPURNA ISTIMEWA

TALIWANG—-Rapat Badan Musyawarah (Bamus) atas penetapan pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW), DPRD Sumbawa Barat resminmemutuskan mengelar rapat Paripurna Istimewa ke II  masa Sidang III Tahun dinas 2016 di runag Siding III DPRD KSB, Selasa (22/11) kemarin, dalam rangka peresmian dan pengucapan sumpah janji Anggota DPRD tahun 2014-2019 .

11 Anggota dan Ketua  DPRD hadir dalam pelantikan tersebut, serta diikuti pula oleh Pimpina SKPD, Toga dan Toma, dan Insan Pers.

Ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir ST MM, menuturkan “Sesuai mekanisme PAW sesuai  peraturan perUndang-Undang yang berlaku maka Partai Politiklah yang memiliki kewanangan mengambil keputusan  dalam  hal Pergantian Antar Waktu atau  PAW,  adapun DPRD dan Pemerintah dalam hal ini Gubernur Propinsi NTB  selaku wakil atau perpanjangan tangan Pemerintah Pusat hanya berwenang memproses usulan tersebut dengan terlebih dahulu, mulai dari melakukan verifikasi.

“Kita seobyektif mungkin akan memprosesbusulan PAW ini. Bebas dari tekanan dari pihak manapun karena itu kami  berharap energy  yang kita miliki  tidak perlu yang di hambur-hamburkan,”ujar, Nasir.

Nasir mengatakan, jangan karna  hanya mempersoalkan sesuatu yang jelas sudah memilki mekanisme baku, hal ini sudah memiliki mekanisme UU yang  berlaku,  selaku warga Negara kita berkewajiban   tunduk dan patuh terhadapa  perUndangan-Undang segala sesuatu yang menerbelakanginya baik berupa berdebatan polemic di media  baik media cetak maupun media elektronik, media online, social media tentang proses hukum yang berlaku harus kita kembalikan  melalui mekanisme  karna Indonesia Negara hukum.

Dengan  telah di terbitkan keputusan Gubernur  NTB dengan nomor    Sehubungan dengan telah ditetapkan Surat Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 171-922 tahun 2016 dan nomor 171-923 tahun 2016 tertanggal 14 November 2016, tentang peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Barat An Irawansyah S.Pd dan Peresmian Pengangkatan Pergantian Antar waktu ( PAW ) anggota DPRD kabupaten Sumbawa Barat syafruddin Denni dari Partai Hanura yang ditanda tangani oleh Gubernur NTB Zaenul Majdi MA.

img-20161213-wa0004
Ketua DPRD Sumbawa Barat, Muhammad Nasir, melantik Syafruddin Deny, SE sebagai anggota DPRD menggantikan Irawansyah atas nama Gubernur NTB.

Maka Sesuai amanat  perundang-udang yang berlaku maka DPRD harus segera  menindaklan jutinya  dengan melaknakan paripurna dprd  terkait PAW, hal itu  semata-mata demi  menjaga  agar  tidak terjadi    kekosongan kursi Di lembaga  DPRD KSB terutama sekali  terkait dengan urjensi pembahasan raperda anggaran tahun 2017  yang  seyokyanya diikuti lengkap  oleh seluruh anggota DPRD.

Nasir mengatakan, dengan peresmian pergantian antar waktu ini,  maka legitimasi  daerah lebih terjamin  begitu pula resistensi dapat di hindari. Menurutnya  atas pertimbangan inilah kemudian  Bamus memutuskan Untuk  Menunda Pembahasan dan Mendahulukan  Agenda Peresmian  PAW Anggota  DPRD KSB, sebagaiman yang kita  hadiri bersama.

img-20161213-wa0005
Suasana pelantikan Prgantian Antar Waktu (PAW) Syafruddin Deny di ruang sidang utama DPRD, Selasa belum lama ini.

” Oleh karna itu, sesuai  penetapan Bamus  maka  DPRD KSB dengan ini melaksakan  Paripurna Istimewa PAW anggota DPRD KSB  atas nama Safruddin Denny,” ujarnya.

Sesuai jadwal yang disetujui Badan Musyawarah  (Bamus) DPRD Sumbawa Barat proses pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW), Syafruddin Deni menggantikan Irawansyah dari partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) dilaksanakan, Selasa (22/11).

POLISI PASTIKAN PELANTIKAN AMAN

Ketua DPRD Sumbawa Barat, Muhammad Nasir mengatakan, pelantikan tetap akan digelar hari ini setelah Bamus kembali menggelar rapat menyusul turunnya putusan sela dari gugatan Irawansyah ke Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa, baru baru ini.

img-20161122-wa0002
Mobil taktis kawat berduri di datangkan kepolisian Sumbawa Barat guna mengawal pelantikan.

“Kita tetap lantik sesuai Surat Keputusan (Sk) Gubernur. Selama belum ada surat pembatalan maka tetap dilantik “kata nasir di konfirmasi wartawan, kemarin.

Sebelumnya diakui Nasir ia selaku ketua DPRD di informasikan memang ada surat putusan sela yang di keluarkan PN Sumbawa yang meminta menunda pelantikan menyusul obyek surat keputusan partai masih bersengketa hukum. Kendati belum menerima putusan itu, Nasir mengakui keputusan ada ditangan gubernur.

img-20161122-wa0001
Apel persiapan pengamanan yang dilakukan komandan regu, sebelum penempatan pasukan di lokasi gedung DPRD Sumbawa Barat.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin mengatakan, putusan sela tidak mempengaruhi SK gubernur. Putusan hukum dan sengketa internal partai sesuai dokumen yang diajukan ke sekretariat gubernur telah dirumuskan dan dikaji secara hukum serta administrasi tata negara oleh tim yang ditunjuk gubernur.

Mantan pengacara dan ketua DPW Partai Nasdem ini mengatakan, proses hukum apapun harus tetap dihormati. Yang jelas tambah dia, putusan sela tidak bisa membatalkan SK Gubernur.

“SK gubernur tetap berlaku dan PAW harus tetap dilaksanakan,”kata, Wagub dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon genggamnya, Senin sore, kemarin.

Sementara itu, kepolisian Sumbawa Barat memastikan siap mengamankan proses PAW sesuai agenda yang di laksanakan DPRD. Di lokasi gedung DPRD, kepolisian dari satuan sabara serta pengendali massa ikut disiagakan.

Pantauan wartawan di lokasi, pengamanan dibagi kedalam tiga ring.
Ring tiga, ditempatkan di gerbang masuk dan lalulintas jalan raya. Ring kedua di halaman utama gedung DPRD terdiri dari Dalmas dan pasukan Watercanon serta ring satu terdiri dari anggota polwan yang melakukan pemeriksaan tamu undangan dengan metal detektor.

img-20161122-wa0003
Para perwira polres Sumbawa Barat ikut turun mengamankan dan memeriksa undangan yang masuk.

” Seseuai kewenangan polisi mengamankan acara pelantikan,”ujar, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP. Andy Hermawan, S.I.K. (ZM.ndy-01)

SHARE
Previous articleKABAR PARLEMEN
Next articleKABAR PARLEMEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here