Udayana Kirim Bantuan Kemanusiaan Bima

0
224
div class="td-all-devices">

Keterangan Foto : Inilah Truk bantuan TNI AD dari Kodam IX Udayana dan Persit Khartika Chandra Kirana (KCK) yang di berangkatkan menuju Kota Bima dikawal ratusan personel TNI.

TALIWANG—Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana Bali Nusa Tenggara didukung persit Khartika Chandra Kirana (KCK), Sabtu (24/12) mengirimkan satu unit truk bantuan kemanusiaan untuk korban bencana Banjir di Kota Bima.

img-20161224-wa0003
Inilah bantuan tabung gas beserta kompor gas yang disiapkan anggota TNI dari Kodam Udayana serta persit KCK, guna meringankan beban saudara kita warga Kota Bima yang tengah dilanda musibah Banjir. Foto : sumber Kodam IX Udayana.

Bantuan ini dikerahkan Pangdam untuk mendukung serta memperkuat personil TNI yang telah diterjunkan lebih awal dari Kodim Bima. Bantuan dari jajaran TNI Angkatan Darat (AD) Udayana itu disamping bahan makanan juga di fokuskan untuk logistik keperluan dapur umum.

Ini terlihat dari truk yang membawa 30 unit kompor gas dan 30 unit tabung elpiji beserta regulatornya.

“Peralatan dapur umum ini sangat fital guna mendukung pasokan dan olahan makanan untuk para korban bencana. Ini juga memudahkan personel TNI yang bertugas  mendirikan dapur umum disamping bantuan evakuasi paska bencana,”kata, Kamandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1607 Sumbawa, Letkol Arm Sumanto, kepada pers  Sabtu, sore atas nama Danrem dan Pangdam IX Udayana.

Selain fasilitas utama dapur umum, Pangdam juga mengirimkankan bantuan sarung 500 buah, susu kental manis 15 dooz, Air Mineral 200 Dooz, Biskuit 86 kaleng, snack ringan 29 dooz, beras 150 kilo gram, Sarden 29 dooz, Mie Instan 46 dooz, lilin empat dooz serta terpal dua lembar.

img-20161224-wa0005
Anggota TNI semangat mengumpulkan kotak kotak berisi bahan makanan untuk korban bencana banjir di Kota Bima. Foto : Kodam IX Udayana.

Banjir bandang yang melanda Bima dan sekitarnya memicu empati yang meluas dari masyarakat dan aparat di Nusa Tenggara Barat.

Bencana banjir di Kota Bima tentu saja menyisahkan beban yang amat berat bagi saudara saudara kita sebangsa dan setanah air di Bima. Rentang Geografis yang berbeda dan jauh tidak memadamkan semangat warga NTB membantu kesusahan saudara saudara kita di Bima.

Sementara itu, data yang dihimpun media menyebutkan banjir bandang di Kota Bima merendam sedikitnya lima kecamatan dan menghancurkan infrastruktur strategis seperti jalan dan jembatan serta menghanyutkan rumah rumah penduduk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima mencatat air bah mencapai puncaknya pada  ketinggian tiga meter hingga mampu menghanyutkan apa saja termasuk kendaraan roda dua dan mobil. Curah hujan yang tinggi membuat banjir bandang kiriman dari kecamatan Wawo meluas hingga menerjang empat Kecamatan lainnya di pusat kota (sumber kompas.com).(ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here