Pejabat Ini Ajak Rakyat KSB Doakan Jenderal Umar

0
402
div class="td-all-devices">

“Saya mengajak kita semua seluruh rakyat untuk berdoa untuk beliau. Selamat jalan Jenderal, NTB kehilangan figur yang luar biasa dalam berucap dan berbuat ” 

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Saifuddin, ST


TALIWANG—Kesan yang baik pada diri seseorang tidak hanya terlihat dari banyaknya kata kata santun serta positif yang disampaikan, tapi juga dibarengi dengan perbuatan baik.

Kedua kesan itu nampaknya ikut ditangkap banyak orang yang mengenal Brigadir Jenderal Umar Septono. Mantan Kapolda NTB ini, telah menanamkan nilai nilai yang baik sebagai aparat penegak hukum. Ia memberi contoh dengan prilaku yang sholeh dan santun. Tidak hanya dikalangan anak buahnya Umar yang gemar berjalan sendiri bercengkeramah dengan warga miskin pada waktu gelap serta menjelang subuh itu, juga dikenal luas masyarakat dan mitra kerjanya.

P_20161004_082453
Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Saifuddin, ST saat mendampingi Kapolda NTB Brigjen Umar Septono, ke Kecamatan Seteluk, Oktober 2016 lalu.

Salah satunya Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Saifuddin, ST. Orang terpenting  nomor dua dijajaran pemerintahan kabupaten tersebut, memiliki kesan tersendiri terhadap sosok Umar. Sebagai pemimpin, kata dia, Umar nerhasil menanamkan nilai nilai serta spirit yang baik, tidak hanya karakter namun merubah mentalitas sebagai aparat pengayom dan pelindung masyarakat.

Ia mengatakan, sosok Umar patut dicontoh. Pejabat yang sangat sederhana, agamanya kuat dan jujur. Wabup berterimakasih terhadap Umar Septono selama menjadi kapolda NTB. Kesan sederhana dan hebat itu menurut Wabup juga ditangkap dirinya serta warga Sumbawa Barat. Terutama ia datang dan berkunjung menengok sebagain rakyat Sumbawa Barat di Kecamatan Seteluk.

“Saya mengajak kita semua seluruh rakyat untuk berdoa untuk beliau. Selamat jalan Jenderal, NTB kehilangan figur yang luar biasa dalam berucap dan berbuat,” kata, Fud kepada wartawan merespon kepindahan Umar.

Ia kembali meminta warga Sumbawa Barat mendoakan Jenderal Umar dan keluarga beserta kariernya, agar kelak menjadi pemimpin abdi negara yang bisa dibanggakan rakyat.

Tindakan Umar juga diparesiasi kalangan media massa di NTB. Jenderal bintang satu itu banyak ditulis berbagai media massa nasional dan regional. Bahkan dalam mengamankan aktifitas demonstrasi para ulama dan ormas islam mendukung fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Mataram beberapa waktu lalu Umar berada ditengah tenga ummat, memberikan penekanan dan pesan bahwa penista agama wajib dihukum sesuai ketentuan yang berlaku. Ia juga berjanji akan membawa aspirasi umat Islam di NTB langsung kepada Kapolri.

Menariknya, malah Umar ikut mengingatkan waktu sholat Zuhur tiba ketika massa bergerak ke Mapolda NTB. Ia pun meminta orator aksi mengumandangkan azan tanda panggilan sholat zuhur agar bisa berjamaah di masjid Polda NTB.

Soal kepekaan tugasnya, ditunjukkan Umar ketika ia memimpin langsung pemberian bantuan bencana Banjir di Kota Bima. Ia melalui darat bersama seluruh perwiranya turun membawa pasukan mengantar logistik ke Bima. Umar menolak menggunakan Halkycopter dinas yang disediakan negara. Ia memilih berangkat bersama anak buahnya dini hari menuju Bima.

Mungkin ketulusan serta kesan yang baik ini menjadikan NTB masuk zona hijau. Tingkat kerawanan konflik dan kekerasan turun drastis. Data Polda NTB mencatat dari 12.000 pengaduan polisi sejak ia menjabat turun hingga hanya 4000 ribuan pengaduan pertahunnya. Setengah itu diselesaikan melalui fasilitasi dan peran bhabinkamtibmas yang ia genjot untuk berbaur dan melayani rakayat di desa desa.

Tidak heran atas jerih payahnya itu Polda NTB mendapat penghargaan A plus plus dari Kapolri. Bahkan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Nasional (Baharkam), Komisaris Jenderal (Komjen) Utut Agroseno sengaja datang berkunjung ke Mapolda NTB guna menyampaikan penghargaan itu. Terakhir, Umar juga dikenal sebagai penggagas program gerakan beramal Rp 1000 yang membumi di seluruh jajaran Polda NTB.(ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here