Mabes TNI AL Tempatkan Empat Kapal Perang di Laut Sumbawa

0
455
div class="td-all-devices">

Keterangan foto : Kapal Angkatan Laut milik Lanal Mataram tiba dan mulai beroperasi diwilayah NTB khususnya Pulau Sumbawa, guna menjaga pertahanan negara di laut.

MATARAM—-Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Laut (AL) Armada Timur menempatkan sedikitnya empat Kapal Perang Angkatan Laut (KAL) jenis Coshguart keperairan Pulau Sumbawa.

Komandan  Pangakalan Utama AL (Lanal) Mataram, Kolonel Marinir Laut Ajentayu Supro Handoko, SH mengatakan penempatan empat kapal perang tersebut dikhususkan guna mengamankan pertahanan laut Pulau Sumbawa sesuai dengan tugas utama  TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI di garda laut.

IMG-20170228-WA0008
Kapal Perang TNI AL mulai ditempatkan di NTB khususnya Pulau Sumbawa guna memperkuat Armada kapal militer armada Timur yang berbasis di Kupang, NTT.

Empat kapal tersebut terdiri dari KAL Lembar, KAL Belongas, KAL Ujung Pangka 28 dan KAL dua belas. Dua kapal sebelumnya telah ditempatkan terlebih dahulu. Dua kapal lagi baru tiba guna melengkapi kekuatan armada kapal perang di wilayah NTB dan Pulau Sumbawa.

Keempat kapal berbadan sedang tersebut juga akan melaksanakan tugas patroli dan pemantauan keamanan laut di wilayah perairan Pulau Sumbawa. Kebijakan Mabes ini kata, Ajentayu guna memperkuat komposisi armada kapal perang milik TNI AL di wilayah kepulauan.

” TNI AL berharap masyarakat dan pemerintah daerah bisa ikut berperan aktif mendukung tugas TNI guna menjaga pertahanan dan keutuhan wilayah NKRI,” kata, Ajentayu, dalam siaran persnya, Rabu (1/3).

Ia mengatakan masing masing kapal ini diawaki 22 crew dari marinir, periwira medis serta dilengkapi persenjataan berat senjata perusak kaliber besar. Kapal kapal tadi akan bergantian berpatroli mengelilingi Pulau Sumbawa. Keempat kapal tadi tiba di Lantamal Mataram pada Selasa (28/2) lalu dan langsung diterima Komandan Lantamal (Danlanal) beserta jajaran dan perwira utama Lanal.

IMG-20170228-WA0011
Crew atau awak KAL Lanal Mataram berpose bersama pelajar dan para prajurit TNI AL usai upacara serah terima di Pangakalan AL Mataram.

“Kebijakan strategis TNI adalah menjaga kemanan pertahanan laut, menindak serta menghentikan aktiftas kapal asing yang melanggar wilayah laut serta menindak tegas kejahatan trans nasional perairan seperti penyelundupan orang, Narkoba, pencurian biota laut secara masif serta hewan laut yang dilindungi,” demikian, Ajentayu.

Kapal kapal tadi dalam tugas dilaporkan akan terus berkoordinasi dengan pos TNI AL yang tersebar di Pulau Sumbawa, mulai dari ujung Sape, Kabupaten Bima hingga pos AL di pelabuhan Benete, Kabupaten Sumbawa Barat. (ZM.Ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here