Polres Mataram Kunjungi Terpidana Teroris

0
257
div class="td-all-devices">

MATARAM—Kepolisian Resort Mataram melalui satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) melaksanakan agenda silaturohmi dengan sejumlah terpidana Terorisme di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Mataram, Senin (5/6).

Kunjungan ini sengaja di agendakan jajaran Intelkam setempat untuk silaturohmi atau anjangsana serta berdiskusi kekeluargaan. Silaturohmi ini disambut baik para terpidana, masing masing, Ramuji asal Pekalongan Jawa Timur, Salman asal Raba Kabupaten Bima dan Agus Salem asal Seteluk Sumbawa Barat.

Kasat Intelkam Polres Mataram, AKP Heru Windiarto, SH memberikan sedikit bingkisan kepada Agus Salem salah satu terpidana Terorisme dalam agenda kunjungan silaturohminya di LP Mataram, Senin (5/6).

“Ini silaturohmi biasa. Kami berkunjung serta memberi sedikit  bingkisan Ramdhan kepada mereka. Kita juga diskusi banyak hal dengan kekeluargaan. Kami hanya memberi mereka motifasi bahwa jika kelak mereka kembali ke masyarakat kehidupan bisa lebih baik, ” kata, Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, Heru Windiarto, SH ditanya agenda mengunjungi lapas, Senin kemarin.

Heru juga mengatakan, silaturohmi yang ia lakukan bersama jajaran atas perintah Kapolres AKBP Muhammad, S.Ik tersebut selain silaturohmi juga melaksanakan amanah keluarga terpidana sendiri. Seperti  ayah dan keluarga Salman asal Bima dan keluarga besar Agus Salem asal Seteluk Sumbawa Barat.

Keluarga terpidana tersebut kata Heru meminta agar sering menengok anak mereka di LP. Keluarga juga berharap agar kepolisian bisa melakukan pendekatan sosial agar para terpidana optimis menatap hidup kebih baik dalam pangkuan  Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bagi kami ini yang terpenting. Kita semua manusia bisa salah jalan, salah mengerti dan salah dalam bertindak. Tapi tugas kita bersama saling mengingatkan, apakah itu masyarakat, aparat negara atau antar keluarga. Terlebih bulan ini bukan suci Ramdhan,” tandasnya, lagi.

Jajaran Intelkam Polres Mataram juga bersilaturohmi dengan Kepala Lapas kelas II Mataram, Gazali mengenai prosedur pengajuan remisi atau pengurangan masa hukuman bagi terpidana teroris ini. Gazali menjelaskan bahwa prosedur pengajuan remisi bisa dilakukan setelah mendapatkan surat persetujuan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pusat.

Bingkisan sederhana guna berbagi kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan.

Gazali mengatakan sayangnya perwakilan BNPT tidak berada di wilayah ibu kota Provinsi NTB namun langsung ke pusat. Ia menyarankan agar upaya itu bisa dibantu jajaran kepolisian sendiri.

“Salman salah satu terpidana menanyakan ke kami bagaimana  proses pengajuan remisi mereka. Ya kami coba fasilitasi dan laporkan ini kepada pimpinan agar ada kebijaksanaan mereka bisa dibantu agar bisa kembali ditengah tengah masyarakat lebih awal,” demikian Heru Windiarto.

Sebelum menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Mataram Heru Windarto pernah menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Bima dan Polres Sumbawa Barat. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here