Polisi KSB Cek Kelaikan Kendaraan Berat

0
120
div class="td-all-devices">

Foto//Sejumlah Dump Truk yang memuat Batu Kapur terjaring razia kelaikan kendaraan yang digelar petugas gabungan Kepolisian Lalu lintas dan Dishub setempat.

SUMBAWA BARAT—–Kepolisian Sumbawa Barat melalui satuan Lalulintas (Satlantas), menggelar operasi pengecekan kelaikan kendaraan khususnya kendaraan berat seperti Dump Truck pengangkut material batu kapur.

Kelaikan kendaraan berat ini menurut kepolisian perlu dipastikan agar operasional di jalan raya memenuhi aturan dan standar standar keselamatan. Sebagaimana diketahui, operasi atau razia kelayakan kendaraan ini gabungan melibatkan jajaran Lalulintas Angkutan Jalan Raya (LAJR) Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbawa Barat.

Petugas kepolilisian Lalulintas Polres Sumbawa Barat dibantu petugas uji kendaraan Dishub memeriksa dengan seksama kondisi dan standar kemanan kendaraan Dump Truk, Kamis (15/6).

“Kita ingin memastikan operasional kendaraan berat ini memenuhi standar keselamatan. Baik standar tehnis kendaraannya maupun standar keamanan muatannya. Jika tidak memenuhi standar dan sedikit kelalaian akan mengakibatkan kecelakaan fatal dan menimbulkan korban luka luka dan jiwa,”kata, Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Sumbawa Barat, Iptu Tira Karista, di konfirmasi wartawan, Kamis (15/6).

Ia mengatakan, setidaknya sejumlah personil kepolisian lalulintas di terjunkan ke sejumlah titik di Kecamatan Jereweh dimana wilayah operasi tambang Batu Kapur. Polisi juga kata dia bekerjasama dengan pemerintah kecamatan setempat serta para pengusaha angkutan.

Kendaraan yang diperiksa yakni Dump Truk pengangkut material. Polisi bersama petugas LAJR Dishub memeriksa komponen keselamatan kendaraan baik itu sabuk pengaman atau Savety Belt. Rem, lampu rating, surat kelaikan dan surat surat kendaraan lainnya seperti SIM dan STNK.

Tira menjelaskan, sesuai undang undang 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, pihaknya bersurat menyampaikan pemberitahuan akan ada operasi pemeriksaan surat kelaikan dan surat sah kendaraan khususnya kendaraan berat.

“Selain kendaraan sopir juga kita uji kesehatan untuk memastikan pengemudi dalam keadaan sehat dan normal,” akunya.

Ia menjelaskan, dalam operasi tersebut terjaring kendaraan yang kondisi tidak laikĀ  untuk mengangkut barang atau material. Mislanya Ban gundul, lampu rem tidak menyala serta tidak di lengkapi segitiga pengaman. Baik kendaraan dan sopir kini diamankan kepolisian untuk dimintai keterangan dan proses lebih lanjut.

“Untuk kelaikan kendaraan maka akan diuji oleh petugas penguji kelaikan kendaraan dari Dishub, “demikian, Tira.

Langkah langkah yang dilakukan kepolisian setempat merupakan upaya pencegahan dan deteksi terhadap potensi kelalaian sopir dan ketidak laikan kendaraan yang beroperasi di jalan umum. Banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan kendaraan berat jenis ini menjadi attensi khusus kepolisian. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here