Komunikasi Kyai Zul dan Dr Zul Rubah Politik NTB

0
252
div class="td-all-devices">

FOTO//Tokoh NTB, mantan Bupati dua periode yang juga ketua Alumnus Gontor se Indonesia, KH.Zulkifli Muhadli saat memberikan keterangan kepada Pers setempat, Senin (20/11).

Jika benar PAN merestui Kyai Zul maka khans tokoh ketua alumnus Gontor Indonesia itu untuk didukung partai politik kian menguat. Tinggal kini keputusan TG. Zainul Majdi memilih mantan rival terberatnya itu untuk digandeng Demokrat atau tidak.


SUMBAWA BARAT—Lama menghilang, KH.Zulkifli Muhadli tokoh NTB asal Sumbawa Barat tiba tiba muncul dan memastikan komunikasi politik antara dirinya dengan Zulkifli Mansyah bisa menjadi kejutan.

Dua tokoh serumpun ini nampaknya telah berkomunikasi intens akhir akhir ini. Keputusan keduanya bakal menentukan siapa yang digandeng Tuan Guru KH. Zainul Majdi, MA mantan ketua DPD Demokrat NTB yang juga Gubernur saat ini. Seperti diketahui, kakak kandung, Gubernur NTB itu, Romi Jalila digadang gadang bakal digandeng anggota DPR RI, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) utusan Provinsi Banten, Dr.Zulkiefli Mansyah untuk maju sebagai Bakal Calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada 2018 mendatang.

“Saya sudah komunikasi dengan pak Zulkiefli Mansyah. Kita bicara dan tanyakan beliau bakal maju atau tidak. Beliau menjawab tetap maju jika linier dengan Pilkada Lombok Timur (Lotim) dan Lombok Barat. Jika tidak linier, beliau tidak maju. Artinya, tergantung rekomendasi PKS di dua Pikada itu,” kata, Kyai Zul, sapaan akrab mantan Bupati Sumbawa Barat dua periode tersebut, Senin (20/11) usai menghadiri Harla ke 14.

Zulkifli Muhadli juga mengatakan, telah berkomunikasi dengan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Ketua MPR RI itu menurut Kyai Zul telah memberikan restu untuk diusung PAN dan Partai Bulan Bintang (PBB).

“Saya sudah tiga kali bertemu beliau (Zulkifli Hasan,red). Beliau memberi restu dan kemistri nya nyambung,” ujar Kyai Zul optimis.

Seperti di beritakan berbagai media massa regional NTB, PKS tegas menolak mencalonkan Zulkifli Mansyah melalui PKS. PKS NTB bersih kukuh bahwa proses  internal DPW PKS bakal menentukan usulan  dukungan kepada pasangan calon pada pilkada mendatang.

“Saya dan pak Zulkiefli Mansyah sepakat mendengar keputusan beliau maju atau tidak pada 22 November 2017 nanti. Jadi beliau maju tergantung keputusan partai apakah linier dengan Pilkada Lotim dan Lobar atau tidak. Kita tunggu saja,” terangnya.

Jika benar PAN merestui Kyai Zul maka khans tokoh ketua alumnus Gontor Indonesia itu untuk didukung partai politik kian menguat. Tinggal kini keputusan TG. Zainul Majdi memilih mantan rival terberatnya itu untuk digandeng demokrat atau tidak.

Kyai Zul dalam berbagai catatan media juga telah bertemu secara khusus dengan TG. Zainul Majdi. Gubernur NTB dua periode terlihat menerima dan berdialog santai dengan pengasuh pondok pesantren Al-Ikhlas Sumbawa Barat tersebut.

Sebagaimana diketahui, DR.KH.Zulkifkifli Muhadli, meraih suara terbanyak kedua setelah ketua demokrat NTB tersebut. Kyai Zul meraih suara signifikan di Lotim, Sumbawa, KSB, Bima, Lobar dan Loteng.

Posisi Kyai Zul sebagai ketua alumnus Gontor se Indonesia diprediksi mampu memberikan akses politik yang luas bagi karir TG. Zainul Majdi yang juga ketua PB NW tersebut di kancah politik nasional berikutnya. Apalagi isu ketokohan keterwakilan ummat Islam kerap menjadi isu strategis jelang Pilpres 2019 mendatang seperti halnya Pilkada DKI Jakarta baru baru ini.

Disisi lain media mengamati, Fahri Hamzah putra Sumbawa wakil ketua DPR RI ternyata memiliki hubungan kekerabatan erat dengan Kyai Zul. Fahri akhir akhir ini sering turun ke Sumbawa dan Sumbawa Barat guna mengunjungi masyarakat serta sanak keluarganya di Taliwang.

Politisi nasional yang dikenal garang dan konsisten melawan otoritarianisme penguasa itu adalah tokoh berpengaruh di NTB dan nasional serta menjadi anggota DPR RI tiga periode utusan PKS. Fahri juga menjadi tokoh sentral dan figur yang cukup menentukan peta politik nasional jelang Pilpres 2019 mendatang. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here