Gotong Royong Gerak Tanpa Batas

0
291
div class="td-all-devices">

FOTO// Tampak Taufiq Hikmawan, mewakili kepala Disnakertrans Sumbawa Barat menjelaskan progress pembangunan program Padat Karya di Seteluk kepada Bupati.

Dalam formasi sekitar puluhan orang, dari pria dewasa, wanita hingga anak anak, mereka terlihat langsung saja mengayuh sekop dan cangkul meratakan tanah yang dibuat untuk jalan lingkungan.

SUMBAWA BARAT—Pagi pagi sekali sekelompok  masyarakat Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk berkumpul persis di bahu jalan negara.

Diantara mereka banyak yang nenenteng, cangkul, parang dan sekop. Waktu, pagi itu menunjukkan pukul, 5.30 Wita. Masih pagi sekali. Warga warga ini bergabung kembali dengan dusun lain.

Warga tengah bekerja dalam program Gotong Royong padat karya Infrastruktur program Disnakertrans Sumbawa Barat.

Dalam formasi sekitar puluhan orang, dari pria dewasa, wanita hingga anak anak, mereka terlihat langsung saja mengayuh sekop dan cangkul meratakan tanah yang dibuat untuk jalan lingkungan.

“Kita gotong royong padat karya disini. Tanah yang diurug kita ratakan kembali dan disusun agar semakin padat,” kata, H.Kadir, warga peserta gotong royong, Minggu (26/11).

Emir, 27 tahun, pemuda asal Seteluk Atas juga terlihat pagi sekali memindahkan batu pecah dari badan jalan. Ia dibantu sekolompok warga lainnya.

Gerak Gotong Royong ini di inisiasi Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Sumbawa Barat melalui program padat karya infrastruktur jalan lingkungan sepanjang 150 meter. Program ini didanai dari anggaran Kementerian Nakertrans RI 2017. Dan dilaksanakan secara padat karya, dimana peralatan dan tenaga kerja dibiaya negara.

Yang menarik, H.Musyafirin tiba tiba muncul. Pria yang juga dikenal Bupati Sumbawa Barat, nampak baru usai melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Alhidayah. Masih mengenakan kupiah, sorban dan sarung khas rendah warnah merah pria ini langsung saja bergabung ke formasi warga.

Sontak saja warga berebut menyalami ayah dua anak ini. Lucunya, bukan melanjut kerja warga malah sibuk selfie. Namun kondisi tidak berlangsung lama. Musyafirin menyemangati warga bahwa jika gotong royong ini kompak dan cepat, ia berjanji langsung akan membantu dengan mengalokasikan anggaran pengerasan.

” Kita bantu langsung pengerasan. Pemerintah bantu langsung ini. Yang penting kita semua semangat,” ujarnya, to the poin.

Riuh : Pose bersama, H.Musyafirin dengan masyarakat peserta gotong royong.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan pelatihan dan peningkatan produktivitas tenaga kerja (Lattas Penta), Taufiq Hikmawan mewakili kepala dinas yang berada dilokasi memimpin gotong royong dan langsung saja mendampingi kepala daerah, menjelaskan kebijakan program dan sekaligus berdialog dengan warga.

H.Musyafirin pagi itu didampingi Kepala BPBD, Ir. Lalu Azhar, dan Bhabintrantibum Pol PP Seteluk Atas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa TNI, serta Kabid produktifitas sumber daya perikanan, Daeng Agus.

Kedatangan sosok H.Musyafirin memang menarik di simak. Meski kapasitasnya sebagai pemimpin tertinggi pemerintahan di Sumbawa Barat, tokoh ini tidak sungkan datang dalam kondisi apapun, dimanapun serta bagaimanapun untuk menyambangi warga bergotong royong. Masih kenakan sarung dan baju seadanya, ia malah sempatkan diri melihat warga Desa Tapir yang rumahnya bakal di bedah dengan gotong royong.

Gotong royong seolah sudah menyatu dalam setiap derap langka dan nafas suami dari Hj. Hanifah ini. Dalam catatan media, H.Musyafirin hampir tidak pernah absen memimpin gotong royong. Seolah mengirim pesan kepada jajarannya dengan memberi contoh bagaimana pola kepemimpinan gotong royong yang baik. (ZM.ndy-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here