Polisi Tegaskan Perkuat Keamanan KSB

0
222
div class="td-all-devices">

“Kami melaksanakan pemantauan, cek kesiapan seluruh personel dan sarana di pos pos rawan operasi Lilin serta tahun baru. Saya tegaskan, sesuai arahan Kapolres dan Kapolda, Sumbawa Barat harus aman dan terkendali. Maka, kita dengan semua pihak harus siap,”


 Kepala Bagian (Kabag) Operasi Polres Sumbawa Barat, Kompol Edi Susanto, S.Sos, di sela sela meninjau kesiapan pos pantau Maluk, Jum’at (22/12).

SUMBAWA BARAT—Kepolisian Sumbawa Barat menegaskan jajarannya siap menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat jelang perayaan Natal dan libur panjang tahun baru 2018.

Kepolisian setempat dilaporkan tengah menggelar apel pasukan gabungan untuk mempersiapkan kemampuan dan sarana serta prasarana personel dalam mendukung penciptaan keamanan tadi.

Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, Kompol Edi Susanto berdialog dengan Kapolsek KP3 Poto Tano, Iptu.Fredik Non di Pos Pelayanan Poto Tano.

“Kami melaksanakan pemantauan, cek kesiapan seluruh personel dan sarana di pos pos rawan operasi Lilin serta tahun baru. Saya tegaskan, sesuai arahan Kapolres dan Kapolda, Sumbawa Barat harus aman dan terkendali. Maka, kita dengan semua pihak harus siap,” kata, Kepala Bagian (Kabag) Operasi Polres Sumbawa Barat, Kompol Edi Susanto, S.Sos, di sela sela meninjau kesiapan pos pantau Maluk, Jum’at (22/12).

Edi Susanto menegaskan bahwa kepolisian dengan kesiapan siagaan ini, berharap aktifitas ibadah hari raya natal ummat kristiani dan libur panjang tahun baru masyarakat bisa aman dan lancar. Pelayanan keamanan kepada masyarakat menurutnya, menjadi hal yang sangat prioritas.

“Setidaknya ada enam atensi Kapolres sesuai arahan Kapolda dan Kapolri soal operasi pengaman ini. Ini sangat strategis, terutama mencegah teroris dan kejahatan trans nasional seperti Narkoba, kriminalitas dan premanisme,” ujarnya.

Kabag Ops, Kompol Edi Susanto mengecek kesiapan personel dan peralatan pos pelayanan Poto Tano.

Enam atensi polri menurut Kabag Ops antara lain, memastikan kesiapan anggota dan sarana pendukung operasi di masing masing pos. Selanjutnya, memberikan jaminan keamanan kepada warga masyarakat  dalam rangka mengdapi tahun baru dan Natal. Utamanya, objek objek wisata yang dikunjungi masyarakat serta titik titik keramaian.

Selanjutnya, mencegah terjadinya aksi teror dan kejahatan konvensional lainnya yang meresahkan masyarakat khususnya dalam menyambut agenda natal dan tahun baru.

Sementara itu, media melaporkan kabag ops terlihat langsung terjun ke pos pelayanan dan pengamanan (Posyanpam) guna mengecek situasi dan kesiapan personel dan lokasi, sebelum pasukan pengamanan dan peralatan di geser. Kabag ops terjun ke Pos pelabuhan pengeberangan Poto Tano dan Maluk.

Pos pengamanan Maluk tidak luput dari pengecekan kepala Operasi Polres Sumbawa Barat ini.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Saifuddin, ST dilaporkan memimpin apel gelar pasukan pengamanan jelang natal dan tahun baru dengan sandi operasi Lilin Gatarin 2017. Apel ini diikuti seluruh personel polisi dari semua unit, baik Reskrim, Satlantas, Sat Intelkam, Brimob, TNI serta personel gabungan dari pemerintah daerah.

Sebelumnya juga, bagian operasi Polres Sumbawa Barat terlebih dahulu melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) guna mengasah kemampuan personel yang akan bertugas dilapangan. Ini dimaksudkan agar palaksanaan tugas memenuhi Standar Operasi Prosedur (SOP) sebagaimana arahan pimpinan Polri. (Ndy-ZM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here