TNI Terlatih Untuk Begotong Royong

0
145
div class="td-all-devices">

“Babinsa sudah biasa begotong royong, karena menurut mereka tenaga mereka memang dibutuhkan rakyat. Tidak perlu perintah, sebab itu standar tugas mereka,”

Kapten.Inf. Agus, SH Komadan Koramil Taliwang.

SUMBAWA BARAT–Babinsa, sosok prajurit TNI yang ditugasi melakukan pembinaan teritorial dibidang pertahanan dan menggalang kekuatan rakyat ditingkat desa ternyata sudah terbiasa dengan kegiatan kegotong royongan.

Sejak zaman Orde Baru, Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan representasi kegiatan gotong royong prajurit TNI. Gotong royong itu umumnya membangun sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat, seperti Masjid, sumber air, sarana pendukung pertanian dan jalan jalan. Seluruh prajurit TNI dari perwira tinggi hingga Prajurit Dua (Prada) turun ikut mengayuh cangkul, sekop dan mengangkut material.

Babinsa TNI berdialog sembari bergotong royong dengan Warga.

Ini situasi yang terbiasa diketahui media dan masyarakat sejak dahulu. Kegiatan gotong royong rupanya, tidak terbatas melaksanakan program sebagaimana instruksi Panglima saja. Para Babinsa juga ikut berinisiatif menggelar gotong royong karena memang jika menurut mereka dibutuhkan.

“Pagi ini Babinsa begotong royong di Kelurahan Menala dan Bugis, Kecamatan Taliwang. Bersama ketua RT, kepala lingkungan dan Bhabinkamtibmas serta masyarakat. Babinsa sudah biasa begotong royong, karena menurut mereka tenaga mereka memang dibutuhkan rakyat. Tidak perlu perintah, sebab itu standar tugas mereka,” kata, Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) Taliwang, Kapten. Agus, di Taliwang, Jum’at (9/2).

Serda Sukran, Babinsa Kelurahan Bugis, mengatakan, gotong royong membersihkan lingkungan dilakukan karena tergerak membantu program pemerintah selain ikut menjaga lingkungan tetap bersih. Pemerintah Sumbawa Barat, kata Sukran, mengeluarkan kebijakan Pembangunan Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). Ditingkat terkecil gotong royong itu, kata dia, membersihkan lingkungan, menjaga keamanan.

Babinsa kelurahan Menala, Zulkifli juga mengatakan, ia bersama warga, agen PDPGR, Bhabinkamtibmas dan ketua RT bergotong royong di RT O1 RW 07. Mereka membersihkan parid, selokan, menebang ranting pohon pengganggu selanjutnya di bersihkan dan diangkut ke tempat pembuangan sampah. (ZM.ndy-01)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here