Disnaker Evaluasi Perusahaan Lalai

0
75
div class="td-all-devices">

Abaikan Kebijakan Rekrutmen Satu Pintu

SUMBAWA BARAT–Tim rekrutmen satu pintu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa Barat mengumumkan baru tiga perusahaan di Batu Hijau yang sejauh ini menggunakan mekanisme rekrutmen satu pintu yang ditetapkan pemerintah.

Tiga perusahaan tadi antara lain, PT.Macmahon, PT. Sangati Soerya Sejahterah dan PT. Vector Utama Indonesia.

Kepala Disnakertrans melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja (Lataspenta), Taufik Hikmawan menegaskan, triulan pertama tahun 2018 ini tiga perusahaan tadi yang memproses rekrutmen karyawan mereka melalui tim rekrutmen satu pintu Disnaker. Mulai dari rekrutmen tenaga non skill dan skill. Berlanjut ke proses intervew, tes tulis,medical check up hingga penandatanganan Letter Of Agreeman (LOA) atau kontrak kerja.

“Semua sudah kita laksanakan dalam triulan pertama ini. Sejauh ini proses rekrutmen berjalan dengan baik,” ujar, Taufik dalam keterangan persnya, Minggu (8/4).

Taufik menegaskan, pihaknya melalui Disnakertrans akan mengevaluasi kebijakan perusahaan lain di Batu Hijau yang tidak menggunakan mekanisme satu pintu ini juga sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 tahun 2018 tentang rekrutmen satu pintu.

Disnaker sendiri kata, Taufik, sudah menyurati  kontraktor utama di PT.Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) dan seluruh subkontraktornya agar mengikuti rekrutmen satu pintu jika ingin melakukan rekrutmen. Tujuan rekrutmen satu pintu disamping meningkatkan daya serap tenaga kerja lokal, namun juga menjaga pemerataan serapan angkatan kerja.

“Disnaker berfungsi sebagai regulator dan pengawas ketenagakerjaan perlu memperkuat kebijakan rekrutmen karyawan agar transparan dan berkeadilan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Saifuddin, mengingatkan para perusahaan yang beroperasi di Sumbawa Barat khususnya batu hijau untuk merekrut karyawan sesuai dengan mekanisme rekrutmen satu pintu yang ditetapkan pemerintah daerah.

Wabup bahkan sempat menegur keras sejumlah perusahaan yang sebelumnya lalai. Atas teguran tersebut, sejumlah perusahaan subkotraktor batu hijau akhirnya mengikuti jejak PT.Mcmahon melakukan rekrutmen karyawannya melalui tim rekrutmen satu pintu. Dua perusahaan tadi, antara lain PT. Sangati Soerya Sejahterah dan PT.Vector Utama Indonesia. (ZM.ndy-01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here