Jurus Jitu Pemda ‘Dinginkan’ Karyawan

Keterangan Foto : Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin saat memberikan keterangan pers.

Semua karyawan atau serikat memiliki tujuan sama mensejahterakan anggota. Itu sangat dipahami pemerintah. Kita juga berkewajiban untuk itu. Saya ucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan kepada karyawan karena kebijaksanaannya,”

Bupati Sumbawa Barat, H.W.Musyafirin


TALIWANG—Keinginan karyawan untuk mendapat kucuran dana apresiasi dari otoritas pemegang saham Newmont secara optimal, masih terus bergulir.

Hanya saja, sebagian besar karyawan masih mengupayakan negosiasi dengan cara dialog. Meski negosiasi sebagian karyawan lainnya sempat berakhir buntu dan berujung terhadap ancaman aksi mogok kerja, tapi reaksi itu masih bisa di dinginkan.

“Alhamdulillah kita dan karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) berhasil menyatukan hati dengan pemda, saling memahami posisi masing masing,” kata, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawasan (Hiwas),  Dinas Ketenagakerjaan setempat, Drs. Zainuddin, Selasa (6/8) diruang kerjanya.

Pertemuan dengan SPN dilakukan terpisah setelah pemerintah setempat berbicara dan memanggil management Newmont guna mengklarifikasi kondisi yang dihadapi perusahaan. Barulah, kata Zainuddin, pihaknya bertemu dan memanggil perwakilan SPN. Alhasil, tercapainya kesepahaman.

IMG-20160906-WA0004
Sekretaris SPN Sumbawa Barat, Rian Juliardi.

Menurut Zainuddin, SPN memahami kondisi Newmont, namun SPN mendukung masih adanya dialog dengan pihak newmont yang terus difasilitasi pemda. Yang penting kata dia, SPN sepakat menjaga ketenangan dan kondusifnya batu hijau.

” Kepada kami SPN mengakui ada beberapa perubahan penawaran. Rana kami hanya ingin mendamaikan serta memberikan himbauan seputar asas legal mogok kerja. Alhamdulilah mereka mengerti dan berkomitmen membatalkan aksi mogok serta mencabut surat pemberitahuan mogok tadi,” ujarnya.

Meski penawaran terus diupayakan serikat, akan tetapi yang terpenting, menurut Zainuddin para serikat memahami bahwa situasi kondusif batu hijau harus dijaga. Maka itu, upaya menempuh jalan dialog disetujui serikat sebagai jalan yang terbaik.

“Tiada paksaan dari siapa siapa. Saya diberi tugas kepala daerah untuk mengutamakan komunikasi yang baik. Syukurnya kita saling mengerti,”ujarnya.

Sementara itu juru bicara SPN Sumbawa Barat, Rian Juliardi mengakui telah ada pertemuan dengan pemerintah daerah. Ia juga mengatakan telah menemukan kata sepakat dalam melanjutkan negosiasi penambahan pemberian uang apresiasi kepada karyawan dengan cara menggandeng pemerintah. Tidak dengan mogok kerja.

“Kami menyambut baik niat baik pemda yang terus berupaya maksimal membantu menjembatani tuntutan serikat,” aku, Rian dikonfirmasi wartawan, secara terpisah.

Ia mengatakan, serikat sejatinya hanya menginginkan ada solusi yang tepat. Ia mengaku pertemuan dengan Kabid Hiwas sudah menemukan kata sepakat. Selanjutnya serikat akan kembali menggelar rapat internal guna membahas kembali tawaran yang diajukan serikat kepada newmont bersama pemda.

Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin mengapresiasi kebijaksanaan serikat dalam merespons harapan pemda dan memahami kondisi batu hijau saat ini. Ini menurutnya langkah maju, di tengah pemerintah masih terus berupaya mendampingi karyawan agar menerima dana apresiasi sesuai yang diharapkan semua pihak.

“Semua karyawan atau serikat memiliki tujuan sama mensejahterakan anggota. Itu sangat dipahami pemerintah. Kita juga berkewajiban untuk itu. Saya ucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan kepada karyawan karena kebijaksanaannya,” kata bupati memberikan keterangan kepada pers melalui sambungan telepon, Selasa, sore kemarin.

Kepala daerah mengaku bangga atas kebesaran hati seluruh karyawan yang telah memahami secara tulus, tentang kondisi peralihan saham saat ini.

Ini menurutnya, bagian dari upaya bersama sama pemerintah untuk memaksimal kesejahteraan karyawan melalui perolehan uang penghargaan yang signifikan.

” Dengan bergandeng tangan, karyawan, pemerintah, serikat, newmont dan management AMI Insya allah apapun bentuk persoalan kedepan dapat diselesaikan secara arif dan bijaksana,”demikian Bupati. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *