Kapolres Terjun Langsung Bantu Layani Pemudik

IMG-20160711-WA0007
Suasana antrean pemudik yang di dominasi kendaraan roda dua

Keterangan foto : Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S.Ik terlihat tengah sibuk memantau dan terjun langsung mengatur kelancaran lalulintas arus balik mudik 

Poto Tano—Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan terpaksa ikut turun tangan membantu kesibukan anggota kepolisian Sektor KP3 dan pos pelayanan mudik Lebaran di Poto Tano.

Andy Hermawan langsung ikut menangani kemacetan dan penumpukan penumpang di area pelabuhan, karena terjadi desak desakan disana. Kapasitas pelabuhan penuh sesak, hingga antrean penumpang mengular hingga ratusan meter diluar gerbang utama pelabuhan setempat.

IMG-20160711-WA0001
Tampak antrean mengular dari gerbang Pelabuhan Poto Tano

‘’ Pak kapolres datang sekitar pukul, 14.00 Wita, Minggu (10/7). Beliau ikut mengarahkan pemudik untuk tetap antre sekaligus ikut membantu membagikan tiket,’’kata, petugas piket loket tiket Pelabuhan Poto Tano, Senin.

Sumber kepolisian setempat mengatakan, tim kepolisian KP3 dan pos pelayanan lebaran di poto tano ikut kewalahan menangani kemacetan dan antrea pemudik arus balik di pelabuhan setempat. Itu terjadi akibat penuhnya area parkir dan lorong penumpang. Pemudik yang didominasi kendaraan roda dua dan empat tersebut berdesak desakan menunggu giliran masuk pelabuhan.

Sementara, ribuan kendaraan lainnya masih mengantre dari pos loket tiket hingga jauh keluar gerbang pelabuhan. Kemacetan ini semakin diperparah dengan insiden over kapasitasnya KMP Belida milik PT ASDP. Kapal penyeberangan ini dihentikan operasionalnya dua jam oleh otoritas syahbandar setempat karena demi keselamatan pelayaran.

Cek Penumpang
Anggota Polsek KP3 Pelabuhan Poto Tano menghentikan bus, dan menurunkan penumpang yang duduk diatas atap dengan paksa, demi keselamatan perjalanan dan penumpang

‘’ Saya turun membentu anggota dilapangan karena kondisinya cukup sibuk. Sambil memantau dan memastikan pelayanan arus balik lebaran ini berjalan dengan aman dan lancar,’’kata, Andy Hermawan kepada Pers, singkat.

Sementara itu, pantauan wartawan di pelabuhan setempat melaporkan tampak petugas KP3 Poto Tano sibuk melakukan penjagaan di area gerbang pelabuhan. Petugas juga sangat teliti memeriksa satu persatu kendaraan bus yang melintas. Terutama memperingatkan para supir bus untuk menurunkan penumpang yang berada diatas kendaraan.

Banyaknya penumpang bus yang tidak duduk di kabin penumpang membuat polisi setempat harus menghentikan bus bus ini guna segera menurunkan penumpang diatas atap kendaraan. Petugas kepolisian beralasan penumpang diatas atap bus bisa membahaykan keselamatan penumpang lainnya, bahkan nyawanya sendiri. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *