KPK Awasi Penyidik Polri dan Kejaksaan

IMG-20160602-WA0011
Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S,Ik

TALIWANG—Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Andy Hermawan, S.Ik sedikit berbagi pengalaman selama ia bertugas sebagai Kepala Subdit III penyidik Kriminal Khusus (Krimsus) Polda NTB.

Sprindik yang ditembuskan ke KPK sebagai bahan laporan dan monitoring KPK dalam mengontrol kinerja penyidik. Jadi bukan hanya spindik kasus Tipikor saja. Kasus kriminal umum juga sprindiknya sampai ke KPK.


AKBP. Andy Hermawan, S.Ik

Ia menilai, ada pedoman penyidik dalam menangani korupsi. Pertama, penyidik harus mampu membuktikan siapa yang secara sengaja melawan hukum, memperkaya orang lain atau golongan serta menimbulkan kerugian negara. Penyidik harus mampu membuktikan pedoman ini memenuhi unsur  dalam pasal tindak pidana korupsi.

‘’Hanya satu dari beberapabagian pedoman itu yang menjadi kewenangan polisi. Yakni pembuktian perbuatan melawan hukumnya saja. Sementara  sisanya, harus dibuktikan oleh lembaga lain diluar polri. Sebut saja, BPK, BPKP selaku auditor kerugian negara bahkan KPK, “tandasnya.

Andy berharap semua pihak memisahkan antara saat ini ia sebagai Kapolres seperti yang diamanatkan negara, dengan ia ketika jadi penyidik di Polda NTB. Sebagai kapolres ia menjalankan tidak hanya fungsi penegakkan hukum saja, tapi pemeliharaan keamanan, pencegahan, mengayomi serta memberikan pemahaman.

‘’Polri itu alat negara, sama seperti pemerintah dan lain lain,’’katanya.

Andy menguraikan tugas penyidik kepolisian sesungguhnya tidak mudah. Saat ini, KPK dan Polri telah menjalin kesepahaman, untuk melakukan supervisi bersama setiap kasus. Makanya, kata dia, setiap Surat perintah Penyidikan (Sprindik) harus ditembuskan ke KPK.

Ini berlaku tidak hanya polri tapi juga institusi lain seperti Kejaksaan.

‘’Ini untuk menghindari potensi penyelesaian kasus dengan suap dan lain lain sebagaimana biasa ditangai KPK.Jadi penyidik juga dipantau KPK loh,’’demikian, Andy. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *