KSB Raih Program STBM Terbaik di NTB

SUMBAWA BARAT—Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. KSB berada pada urutan 23 dari 514 kabupaten kota di Indonesia.

KSB merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi NTB yang mendapatkan pengharaan tersebut. Penghargaan untuk KSB diterima langsung Kepala Dinas Kesehatan (Kadikes) KSB, H. Tuwuh, S.AP di Kantor Kemenkes RI di Jakarta, Kamis (18/10) lalu.

Sejatinya penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, namun disaat yang bersamaan, Bupati tengah menerima kunjungan kerja Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam rangka penyerahan buku tabungan bantuan stimulan pembangunan dan perbaikan rumah kroban gempa dan peninjauan pembangunan rumah korban gempa bumi di KSB.

Penghargaan STBM Berkelanjutan diberikan Kemenkes RI kepada Kabupaten/Kota yang memiliki inovasi terbaik untuk mencapai ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang air besar sembarangan atau dalam istrilah program Pemerintah KSB disebut tuntas buang air besar sembarangan (Tubabas).

Menurut Kadikes KSB, H. Tuwuh, S.AP, ODF berkelanjutan merupakan pilar pertama dari lima pilar STBM yang merupakan indikator dari kesehatan lingkungan. Pilar kedua adalah cuci tangan pakai sabun. Pilar ketiga adalah pengelolaan air minum sehat atau air bersih. Pilar keempat adalah pengelolaan sampah dan pilar kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Selanjutnya Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M menuturkan Penghargaan dari Kemenkes ini tentunya didapat berkat kebersamaan seluruh pihak mensukseskan program ODF. ‘’Saya sangat mengapresiasi kerja dan kebersamaan semua pihak, mulai dari Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Babinsa, Bhbabinkamtibmas, masyarakat dan Agen PDPGR,” kata Bupati.

Dengan raihan penghargaan ini, tentu kedepannya pemanfaatan dan pemeliharan jamban harus semakin ditingkatkan. Selanjutnya dengan kebersamaan dan kerja gotong royong dilandasi mental Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh untuk menuntaskan empat pilar lain dari STBM. Sehingga KSB seutuhnya melaksanakan lima pilar STBM dan menjadi Kabupaten yang memiliki lingkungan yang sehat. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *