Langgar Aturan, Disnaker Ancam Black List PJTKI

Semenjak moratorium TKW ke timur tengah, khususnya Saudi Arabia dan negara tetangga di berlakukan, banyak TKW  direkrut dan ditampung secara ilegal lantas dijual ke agen atau perusahaan PJTKI yang tidak jelas. Modusnya, mereka TKW ini diselundupkan dengan visa umroh atau wisatawan,”

Kabid Lattas Penta Disnaker Sumbawa Barat, Taufik Hikmawan, S.Psi.

SUMBAWA BARAT—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbawa Barat menegaskan kembali menolak memproses usulan Perusahaan Jasa Pegiriman Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) jika mengabaikan kebijakan Medical Check UP.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Produktifitas Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja (Lattas Penta) Disnaker, Taufiq Hikmawan, menegaskan, pihaknya tetap akan meblack list PJTKI yang berulang kali lalai serta tidak mengindahkan larangan pemerintah agar PJTKI tidak boleh melakukan medical check up selain di fasilitas RSUD Assyifa milik pemerintah.

“Kami tegaskan tidak ada toleransi bagi PJTKI yang melanggar kebijakan pemerintah. Peringatan dan sosialisasi sudah kita lakukan tapi jika melanggar kita Black List,”ujarnya.

Selama ini, kata dia, medical check dilakukan diluar Sumbawa Barat. Kondisi ini kata Taufiq membuat dinas sulit memantau dan memverifikasi syarat calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terutma asal Sumbawa Barat. Disnaker sejatinya ingin menekan kelalaian dan masalah dikemudian hari.

“ SeIain itu juga, kita perlu memastikan pemerintah menerima sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari medical check up ini,” akunya.

Kebijakan pelarangan medical check up diluar daerah yang direkomendasikan pemerintah menurutnya, mulai di berlakukan sesuai instruksi Bupati, H.W.Musyafirin sejak tahun 2016 lalu.

TKW Sumbawa Barat Rentan Jadi Korban Perdagangan Manusia

Selain masalah aturan medical check up tadi, pemerintah setempat kata Taufik juga melaporkan maraknya penjualan manusia atau Human Traffiking berkedok Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Menurutnya, dari laporan dan data yang dihimpun Disnaker menyebutkan calon TKW direkrut secara ilegal, atau tidak terdaftar secara resmi melalui pemerintah. Ini dilakukan para oknum sponsor atau perekrut TKW yang perusahaannya tidak jelas atau tidak terdaftar.

“Ada banyak kasus seperti ini kita temukan. Semenjak moratorium TKW ke timur tengah, khususnya Saudi Arabia dan negara tetangga di berlakukan TKW yang direkrut ditampung secara ilegal lantas dijual ke agen atau perusahaan PJTKI yang tidak jelas. Modusnya, mereka diselundupkan dengan visa umroh atau wisatawan,” tegasnya.

Karena itulah, Disnaker kata dia, telah berkoordinasi dengan kepolisian dan imigrasi bahkan Satuan Tugas (Satgas) pemberantasan TKI ilegal untuk memburu dan mendeteksi aktifitas para sponsor gelap ini.

“Beberapa diantaranya sudah dikantongi dan tengah didalami aparat. Kami tidak ingin TKW kita justru jadi korban perdagangan manusia,”demikian Taufiq Hikmawan. (ZM.ndy-0/ADVERTORIAL)

Bagikan berita:

One thought on “Langgar Aturan, Disnaker Ancam Black List PJTKI

  • 20/11/2017 at 20:17
    Permalink

    Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah…. awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *