Mantapkan Management Keuangan, Dikes Gelar Sosialiasi JKN

SUMBAWA BARAT–Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa Barat melaksanakan sosialisasi dan pembekalan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kegiatan sosialisasi yang di laksanakan selama di hari tersebut di hadiri  bendahara JKN seluruh Puskesmas se KSB. Peserta pemantapan adalah Bendahara barang dan Bendahara Keuangan Puskesmas di sembilan Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam acara ini narasumber melibatkan Dinas Pajak ( KP2KP), perwakilan Dinas Pendapan Dan Aset Daerah, serta  Badan Pendapatan dan Keuangan Daerah.

Tujuanya untuk pemantapan management keuangan bagi bendahara JKN Puskesmas se Kabupaten Sumbawa Barat.  Pembekalannya meliputi BIMTEK (Bimbingan Teknologi), Imput Data keuangan serta Imput data Simda ( Simpanan Daerah).
Sekertaris Dinas Kesehatan Hj. Ernawati, SE mengatakan, bendahara yang sudah di beri pembekalan nantinya bisa menguasai sistem Adminitrasi keuangan, mulai dari sistem perpajakan, Imput data Simda termasuk Pengajuan Anggaran dan sampai  proses pencairan anggarannya.” Terangnya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, Hj.Ernawati, SE

Dikes akan terus memantau perkembangan dan kegiatan serta kinerja puskesmas di seluruh wilayah Sumbawa Barat. Evaluasi setiap tiga bulan dan tim dari Dikes akan  turun ke Pukesmas Pukesmas.

Bagi Puskesmas,  dengan teknologi  yang sudah canggih sekarang ini, adanya  sistem internet  on line tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa mengakses data atau mengirim data tepat waktu.

“Acara rutin tiap tahun ini untuk meningkatkan sumberdaya Bendahara, mengantisipasi dan menjaga kejujuran serta keterbukaan supaya hal hal yang tidak di inginkan tidak terjadi. Karena kita akan menghadapi pemeriksaan  dari Inspektorat, BPKP, BPK. Dengan pembekalan seperti ini diharapkan akan menghindari masalah di kemudian hari,”Tambah Erna.

Yuliani. Skep, Bendahara JKN Puskesmaa Sekongkang,  mengatakan, dengan sistem SIMDA ( Sistem Informasi Management Daearah). Kita menyambut dengan baik. Akan kita gunakan momentum ini untuk bisa menguasai sistem teknologi agar tidak ketinggalan jaman. Dan cepat memberikan laporan. (ZM.fj. 02)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *