Masih Ada Mogok Kerja di NNT

TALIWANG—Masalah mogok kerja karyawan NNT atau subkontraktornya masih saja ada. Masalah ini seolah menjadi persoalan klasik. Ini terjadi mungkin, karena kebijakan masing masing perusahaan berbeda beda.

IMG-20160824-WA0007
Suasana mogok kerja karyawan PT Perosea, subkontraktor PT.NNT.

Belum tuntas kesepakatan soal pemberian uang apresiasi atau penghargaan untuk karyawan sebelum pengambil alihan rampung oleh PT Amman Mineral International (AMI) dari pemegang saham mayoritas newmont, mogok kerja karyawan masih saja terjadi.

Kali ini aksi mogok kerja dilakukan sekitar dua puluhan orang karyawan PT Petrosea, perusahaan subkontraktor Newmont yang bergerak dibidang konstruksi. Aksi mogok itu dilaksanakan di area town site.

Para karyawan ini menuntut, uang gaji tambahan, bonus dan uang perumahan. Selama ini, karyawan tidak memperoleh tambahan apapun.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawasan (HIWAS) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs. Zainuddin mengatakan, selama ini karyawan dan perusahaan tidak melaporkan jumlah tenaga kerja, berikut rencana aksi mogok kepada pemerintah. Kendati demikian, pihaknya tetap akan memanggil management Petrosea.

“Ini yang kita ingatkan perusahaan. Tidak pernah ada laporan jumlah tenaga kerja dan lain lain dengan pemerintah. Kami sudah laporkan kepada pak Wabup, beliau perintahkan akan mengambil alih persoalan yang menyangkut tenaga kerja lokal,” demikian, Zainuddin.

IMG-20160824-WA0008
Tandatangan seruan aksi mogok karyawan PT Petrosea.

Zainuddin mengatakan banyak perusahaan subkontraktor  NNT terkadang tidak menginformasikan apalagi melaporkan masalah tenaga kerjanya dengan dinas terkait. Petrosea hanya melaporkan rekrutmen tenaga kerja 50 orang karyawan yang sudah lalu. Sementara, jumlah tenaga kerja dan laporan masalah tenaga kerja tidak pernah disampaikan kepada pemerintah.

Senior HR Officer PT Petrosea, Edy Suwarsono yang berusaha dikonfirmasi tidak menjawab telepon. Pertanyaan wartawan yang dikirim melalui Sort Missage Sevice juga tidak dibalas. (ZM.ndy-01)

 

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *