MDMC Muhammadiyah Bangun Huntara

Ketua tim relawan MDMC, Sumanto, menyerahkan bantuan material Huntara secara simbolis untuk selanjutnya di kerjakan secara gotong royong.

SUMBAWA BARAT—Relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang berbasis di Sumbawa Besar menerjunkan tim untuk membangun sedikitnya lima unit Hunian Sementara (Huntara) di tiga Kecamatan, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Badan penaggulangan bencana utusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumbawa ini memfokuskan bantuan Huntara bagi warga miskin dan terlantar akibat tidak memiliki hunian sama sekali.

Ketua MDMC Sumbawa, Sumanto mengatakan, tim telah memverifikasi penerima bantuan Huntara. Huntara di kerjakan dengan sistem gotong royong dengan dana dan material sepenuhnya ditanggung MDMC. Tim juga melibatkan tokoh masyarakat, pemerintah desa hingga pemerintah kecamatan untuk mengkoordinasikan realisasi bantuan kepada masyarakat ini.

Tim relawan MDMC bersama tokoh masyarakat, kepolisian dan tokoh Muhammadiyah Edy Sofyan Gole berpose bersama usai menyerahkan bantuan satu Unit Huntara kepada salah seorang penerima warga Desa Tepas Kecamatan Brang Rea.

“Gambar setup rumah sudah disediakan sesuai standar MDMC. Hunian ini dibangun untuk menanggulangi ketidak tersedianya hunian bagi korban gempa. Setelah data penerima jelas, hari ini juga material dan seluruh material bangunan di droping,” kata, Sumanto, kepada wartawan, di Brang Rea, Selasa (27/11).

Sejauh ini MDMC telah membangun sedikitnya 36 unit Huntara baik di Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat. Seluruh dana bantuan material dialokasikan dari sumbangan warga Muhammadiyah serta Lembaga Amal Zakat Infak Sadakoh Muhammadiyah (Lazismu).

Sementara itu, perwakilan MDMC di dampingi, Bhabinkamtibmas dari Kepolisian Sektor (Polsek) Brang Rea, Roni Hariadi, tokoh Muhammadiyah, Edi Sofyan Gole, tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.

“Kepolisian sangat mendukung pembangunan Huntara ini. Masyarakat kami sangat membutuhkan,”ujar, Bhabinkamtibmas, Roni Hariadi.

Relawan MDMC menargetkan penyelesaian Huntara ini cukup dua hari per satu unit rumah. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *