Merajut Kebersamaan, Amankan Pilkades

Pose bersama Camat Seteluk, Taufik Hikmawan (Baju putih motif garis) bersama bakal calon Kades, didampingi Kapolsek Seteluk, Iptu. Mulyadi.

SUMBAWA BARAT—Pemerintah Sumbawa Barat bersama jajaran kepolisian dan TNI bersiap mengahadapi perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 20 Oktober 2019 nanti.

Berbagai persiapan sudah dilaksanakan. Mulai dari pembentukan perangkat badan pengawas Pilkades hingga kesiapan personel keamanan dan panitia pemilihan di masing masing desa. Bagaimana Pilkades ini bisa berjalan aman dan lancar?

Camat Seteluk, Taufik Hikmawan, menilai Pilkades ini perhelatan penting sebagai perwujudan demokrasi ditingkat desa. Pihaknya siap menjalankan serta mengamankan pelaksana undang undang desa, utamanya yang menyangkut pemilihan kepala desa.

” Kami terus berkoodinasi degan bapak Kapolsek dan Danramil. Kita sepakat akan membina wilayah kerja masing masing, dengan sama sama turun dan bersilaturohmi,” kata, Taufik Hikmawan, hari ini, Minggu (11/10).

Di Kecamatan Seteluk sendiri, kata Taufik, Pilkades dilaksanakan pada lima wilayah, dengan jumlah setidaknya 19 calon. Dengan rincian, Desa Seteluk Tengah empat calon, Tapir tiga Calon, Rempe dua calon, Kelanir lima calon, Meraran lima Calon.

“Personel pengamanan dari unsur TNI dan Polri juga sudah siap,” ujarnya.

Camat Seteluk juga dilaporkan, telah mengagendakan sejumlah pertemuan atau mendatangi seluruh calon untuk bersilaturohmi. Menjelaskan upaya pemerintah dan aparat dalam mewujudkan keamanan dan suksesnya Pilkades.

Silaturrahmi dengan calon, menurut Taufik, rangka membuka komunikasi awal. Tujuannya, agar tercipta sinergitas antara program desa dan program pemerintah kabupaten.

Ia berharap, agenda Pilkades tadi bisa mendorong percepatan perubahan atau wajah pembangunan di kecamatan menjadi lebih terasa.

Menurut Taufik, siapapun pemenang Pilkades nanti, ia berharap kebijakannya terarah dan searah dengan pembangunan yang ditetapkan kecamatan.

Sebut saja, kata dia, program unggulan kabupaten dalam mensukseskan, Sanitas Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dimana, desa wajib mendukung melalui pengalokasian APBDes. Ini agar tujuan menuntaskan STBM menjadi lebih cepat tercapai.

Pemerintah kecamatan terus menghimbau elemen masyarakat menjaga kondusifitas dan ketenteraman di desa. Meminimalisir terjadinya konflik antar pendukung dan tim sukses.

Camat millenial ini juga menyampaikan kepada calon Kades bahwa, salah satu hakekat demokrasi adalah mengajarkan kita terbiasa dengan perbedaan pendapat. Sehingga tidak harus menolak jika munculnya perbedaan pilihan nanti.

“Intinya, kita harus bersama sama turun bertemu dan bersilaturohmi dengan semua pihak. Kan tujuan Pilkades agar pelaksanaan pemerintahan di desa berjalan lancar, untuk melayani masyarakat. Maka itu, perlu kita jaga, agar selalu aman dan sukses,” katanya, lagi.

Sementara itu, Wakil Direktur (Wadir) Balai Aspirasi Datu Seran Seteluk, Ari Arfani, mengapresiasi kerja dan kinerja Camat Seteluk. Merangkul semua pihak dan duduk bersama dengan mitra kerjanya, seperti Kapolsek dan Danramil. Ini kata dia, sinergis yang baik dan bentuk pembinaan kewilayahan yang mengedepankan humanis dan kepekaan sosial.

“Pemimpin di kecamatan sebaiknya begitu. Ini juga kita harap, bisa di ikuti camat camat yang lain. Tugas pembinaan itu penting dan berjenjang, agar tugas kepala daerah di wilayah bisa diringankan,” kata, Ari.

Ari berharap, Pilkades kali ini bisa menghadirkan pemimpin yang baik di desa. Agar tugas pelayanan kepada masyarakat berkeadilan dan seimbang. (ZM.ndy)

Tak hanya di Seteluk, di Kecamatan Sekongkang, Danramil dan Kapolsek juga turun bersama mengawal perangkat Pilkades.
Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *