Rina Nani Astuty, SE : Siap Sukseskan STBM Kecamatan Taliwang

SUMBAWA BARAT—Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Taliwang, melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kecamatan Taliwang, bertempat di Taman Kelurahan Bugis JL.K.H.A Dahlan No 23 Taliwang, Jum’at (05/04).

Ketua PKK Kecamatan Taliwang, Rina Nani Astuti, SE menegaskan pihaknya siap mensukseskan pelaksanaan STBM di kecamatan Taliwang. Program ini bagian dari mendukung kebijakan STBM yang di canangkan Bupati dan wakil Bupati Sumbawa Barat Barat.

Wakil ketua l PKK, Neni Aprianti Fud Saifuddin dalam sambutannya
menyampikan, kegiatan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan langkah yang positif membentuk lingkungan bersih dan sehat di masyarakat Sumbawa Barat.

“Dengan 5 pilar merupakan langkah awal mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, Pilar pertama stop Buang Air Besar Sembarangan (BAB), Pilar kedua Cuci Tangan Pakai Sabun, Pilar ketiga pengelolahan air minum dan makanan rumah tangga, pilar empat pengelolahan sampah rumah tangga, kelima pengelolahan limbah cair rumah tangga,” paparnya.

Ia mengatakan pilar pertama Sudah dilakukan dengan program pemerintah Daerah 1000 Jamban di KSB melalui PDPGR, sekarang yang perlu di lakukan masyarakat, kata Neni, yakni pilar seterusnya.PKK

” Program tuntas jamban dan Tuntas Buang Air Besar Sembarangan (Tubabas) meruoakan bagian dari program PDPGR. Ini me jadi pondasi dasar tuntasnya STBM tadi,”kata Neni, lagi.

PKK Kabupaten kata Neni, mengambil peran strategis menyampikan informasi tentang STBM langsung ke masyarakat dari Desa atau Kelurahan, dan meminta kader PKK Kelurahan dan Desa sebagai motor penggerak di masyarakat untuk mensukseskan tercapainya 5 pilar STBM melalui 10 program pokok PKK, Sesuai Fungsi 3 kader PKK, Penggerak, Penyuluhan dan Pencatat.

Pemateri perwakilan Dinas Kesehatan Kepala Seksi Pelayanan Primer dan Rujukan H. Suhodo S. AP mengatakan 5 pilar STBM merupakan program pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang perlu di dukung oleh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih.

“Dengan sosialisasi ini di harapkan Pilar ke empat merupakan pengelolahan sampah rumah tangga masyarakat bisa memilih dan memilah sampah, mana sampah yang organik, non organik dan Limbah B3, karena memilih dan memilah sampah sudah di atur oleh Undang-Undang,”ujar H. Suhodo.

Memilih dan memilah sampah rumah tangga di atur oleh Undang-Undang nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah,dan peraturan pemerintah (PP) Nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Dengan demikian peran pemerintah Kecamatan sangat penting dalam mensukseskan kegiatan STBM di Kabupaten Sumbawa Barat.

Ketua PKK Kecamatan Taliwang, Rina Nani Astuty, SE mengatakan penyelenggaraan sosialisasi STBM di Kecamatan Taliwang itu merupakan tindak lanjut dari arahan jajaran pengurus PKK kabupaten. Ia sendiri me gucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan wakil ketua I PKK, Neni Fud Saifuddin. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *