Pasien Penyakit Ini Tidak Bisa Menggunakan BPJS

Caption foto// dr.Carlof, Direktur RSUD ASY Syiffa

SUMBAWA BARAT— Semakin tingginya animo masyarakat terhadap pengunaan asuransi kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memicu tingginya klaim atas layanan kesehatan di rumah sakit.

Sayang, tidak semua jenis penyakit yang kini bisa dilayani BPJS. Kondisi ini membuat RSUD Asy-Syiffa mensosialisasikan pembatasan khusus bagi penyakit tertentu yang tidak bisa diklaim melalui badan jaminan kesehatan pemerintah itu.

Direktur RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, dr. Charlof mengatakan, jenis penyakit khusus seperti narkoba dan percobaan bunuh diri, di tolak untuk di klaim BPJS.

Selain kasus narkoba dan percobaan bunuh diri. Penyakit karena hobby juga tidak bisa diberikan jaminan. Maksud dari penyakit karena hobby, Lanjut dr. Charlof yaitu, cidera yang dialami saat sedang melakukan hobbynya.

“Penyakit karena  hobby atau insiden tidak bisa dijamin BPJS, misalnya seperti hobby nembak kemudian tidak sengaja kena hantaman gagang senapan ke matanya sehingga mengakibatkan luka,”tambah dr. Charlof.

Kendati demikian, pelayanan dan penanganannya terhadap kasus tersebut tetap diberikan dengan maksimal. Sehingga hak hak pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tetap diberikan.

“Pelayanannya tetap dilaksanakan di Rumah sakit, tapi BPJS tidak menanggung,” demikian, Carlof. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *