Pelajar KSB Isi Pagelaran Tari Kolosal Nasional

SUMBAWA BARAT–Sebanyak 10 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan menjadi peserta tari kolosal dalam perayaan Pekan Kebudayaan Nasional di Istora Gelora Bung Karno pada Minggu (13/10) mendatang.

Ditemani pendamping dari Dikpora KSB, Seniman serta Asisten Seniman, seluruh pelajar saat ini telah berada di Jakarta mengikuti pelatihan selama dua hari, Jumat-Sabtu.

” Selanjutnya pada hari Minggu, para pelajar kita akan bergabung dengan pelajar dari berbagai daerah dalam Tari Kolosal, ” Kata pendamping dari Dikpora KSB, Hasanuddin, S.Ip.

Tari Kolosal merupakan tari yang dilakukan secara massal dari banyak kelompok suku yang ada di nusantara. Dalam pelaksanaan tahun ini, melibatkan peserta Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dari Kabupaten Sumbawa Barat.

” Tim GSMS dari KSB sebanyak 13 orang, terdiri dari 1 pendamping dari Dikpora, 10 siswa/i SMP, 1 Seniman dan 1 asisten seniman, ” jelas Hasanuddin.

Berikut nama pendamping, seniman dan asisten seniman serta 10 pelajar yang mewakili Kabupaten Sumbawa Barat dalam mengisi acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

Hasanuddin, S.Ip, pendamping dari Dikpora KSB, Pipin Rianto, S.Sn, Seniman dari MAN 01 Taliwang dan Leadya Wulandari, S.Sn, asisten seniman dari Paud HI Pariri.

Dihar Maharani dari SMPN 1 Brang Ene, Muhammad Al Farizi dari SMPN 1 Brang Ene, Ferdi Hakim Ramdani dari SMPN 1 Brang Ene, Aura Nan Diva dari SMPN 3 Taliwang, Lita Kurnia dari SMPN 3 Taliwang, Ayu Dwi Lestari dari SMPN 3 Taliwang, Rio Basqar dari SMPN 3 Taliwang, Ismail dari SMPN 3 Taliwang, Kisan Saputa dari SMPN 1 Seteluk dan Claudia Bela Mutiara dari SMPN 1 Brang Rea.

10 Pelajar perwakilan KSB dalam tari kolosal

Hasanuddin Menambahkan, Pekan Kebudayaan Nasional 2019 telah dibuka sejak Senin (7/10) lalu dan akan berakhir pada Minggu (13/10). Acara pembukaan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Acara pembukaan berlangsung semarak dengan pagelaran tari gabungan dari Barat hingga Timur Indonesia.

” Pekan Kebudayaan Nasional 2019 bertemakan Ruang Bersama Indonesia Bahagia dengan menampilkan ratusan pertunjukan dan melibatkan ribuan seniman dan pekerja seni, ” imbuh Hasanuddin. (ZM.Gel)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *