Pemda Ralat Mekanisme Dana Gempa

Caption// Sekda Kabupaten Sumbawa Barat, Abdul Azis, SH.MH

SUMBAWA BARAT—Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat, Abdul Azis, atas nama pemerintah setempat menegaskan mekanisme realisasi dana bantuan rekonstruksi untuk korban gempa bumi, di salurkan langsung ke rekening korban, setelah sebelumnya, di transfer BNPB ke rekening, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Tolong diralat, ada kesalahan informasi. Yang benar, dana bantuan bencana pembangunan rumah diterima rekening korban terdampak langsung. Bukan ke rekening Kelompok Masyarakat (Pokmas),”kata, Abdul Azis, saat menghubungi zonamerah.net melalui sambungan telepon, Selasa (18/9).

Pernyataan ini dikeluarkan Sekda sehari setelah pernyataannya dirilis zonamerah.net  melalui berita berjudul, ‘Awas Konflik Dana Bencana’. Di pernyataan awal, Sekda mengatakan, realisasi dana bantuan bencana telah ditransfer melalui rekening BNPB ke rekening BPBD dan ditransfer kembali ke rekening Pokmas.

“Itu yang kita luruskan. Ada kesalahan informasi. Selanjutnya, realisasi tahap pertama baru dicairkan sebesar masing masing Rp 25 juta untuk 346 rumah korban rusak berat,” aku Sekda lagi.

Pokmas sendiri berfungsi sebagai pendamping pelaksana pembangunan rumah korban bukan sebagai pihak penyedia material atau pengelola uang bantuan korban bencana. Pokmas beranggotakan Agen PDPGR, ASN Inspektorat, tim Kementerian PU, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pemerintah menegaskan akan mengikuti prosedur atau Juklak Juknis penyaluran dana bencana dari BNPB. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *