Pemda Target Realisasi Kartu Bariri UMKM Capai 150 Persen

SUMBAWA BARAT – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa Barat sekitar 600 penerima bantuan berhasil capai target tabungan 150 persen di tahun 2019.

Hal ini merupakan pengaruh positif bagi pemerintah daerah dalam membantu masyarakat menengah ke bawah dalam hal pemberian bantuan modal, tidak lain untuk membantu masyarakat kecil menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ditemui ditempat kerjanya, Selasa (8/10) Pagi Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koprindag) melalui Kabid Koperasi dan UMKM, Firmansyah, S.IP, mengungkapkan, dari hasil tabungan masyarakat sudah banyak yang mencapai target. Rencananya kami akan melakukan evaluasi kinerja program pada tahun 2020 mendatang.

“Program kartu Bariri Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di delapan Kecamatan yang ada sangat membantu pedagang mikro yang berada di daerah Kabupaten Sumbawa Barat melalui tim peliuk telah mendapat bantuan sebanyak 5.741 orang,” ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2017 ada 4 kartu Bariri dan 3 kartu Pariri plus bedah rumah, kesemua kartu tersebut memiliki satu tujuan yaitu menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sejak dimulainya program ini pada bulan Februari 2017 lalu, hingga saat ini anggaran yang sudah terserap oleh penerima bantuan mencapai sekitar 17 M,” ujarnya.

Adapun untuk tahun ini, akan dimaksimalkan bagi beberapa tim peliuk yang belum mencapai 100 persen menerima bantuan hingga akhir tahun.

“Selain untuk membantu masyarakat juga terhindar dari para tengkulak. Program ini juga tidak lain untuk mengajarkan kepada masyarakat akan pentingnya menabung, karna uang yang ditabung, bisa diambil kembali,” imbuhnya, lagi. (ZM.Win)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *