Pemprov Pantau Issue Strategis soal NTB 24 Jam

Issue Smelter Jadi Attensi Gubernur

SUMBAWA BARAT— Pemerintah Provinsi NTB nampaknya terus memantau perkembangan situasi informasi keamanan dan issue strategis di seluruh kabupaten kota di NTB, nasional bahkan International.

Tidak hanya issue atau konten informasi dari media lokal NTB dan nasional, konten pemberitaan international tentang NTB juga tak luput dari pantauan Pemprov.

“Issue media international juga dipantau di Command Centre di Biro Humas Pemprov NTB,” kata Kepala Biro Humas Pemprov, Najamuddin Amy, di kantornya, Selasa (26/2).

Infogravis elektronik yang melaporkan issue Smelter di Sumbawa Barat menjadi trending topik di NTB dan Nasional.

Command Centre atau pusat kendali informasi dirancang untuk memantau konten informasi media massa elektronik dan sosial media. Command Centre dikendalikan piranti lunak berteknologi  tinggi didukung dengan management operator dan sumber daya manusia  handal.

Comand Centre difungsikan sebagai bentuk kesiapan Pemprov NTB dalam menangkap dan menguasai informasi NTB bahkan untuk mengetahui persepsi dunia tentang NTB.

“Kita punya infografis visual tentang rating issue di kabupaten kota di NTB. Ada juga nasional dan international. Misalnya, Dompu kasus Rabies menjadi tranding dan Smelter serta issue tambang di Sumbawa Barat juga ratingnya tinggi. Ini semua terpantau,” ujarnya.

Data inilah yang diolah dan dianalisa kehumasan NTB untuk dilaporkan kepada Gubernur guna disikapi sesegera mungkin.

Misalnya, laporan media international seputar kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort  menyelenggarakan Moto GP, masih menjadi trending tertinggi di dunia. Ada juga perkembangan wisata NTB serta investasi.

Kepala Biro Humas Pemprov NTB, Najamuddin Amy, tengah mempresentasikan kerja Command Centre, PRCC Humas NTB.

Command Centre adalah bagian dari program Publik Relation Command Centre (PRCC) yang dirancang Pemprov NTB. Sebagai penggagas PRCC, Najamuddin menegaskan pihaknya ingin mentransformasikan visi besar kebijakan Gubernur dan wakil Gubernur di berbagai bidang dalam perspektif Informasi dan Tehnologi (IT).

“Pak Gubernur ingin mengetahui perkembangan data dan informasi soal berbagai issue strategis di seluruh pelosok NTB, nasional bahkan dunia. Sebab ini akan mempengaruhi kebijakan beliau. Beliau mengecek ini setiap waktu,” terangnya. (ZM.ndy-01)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *