Pendapatan Meningkat, kartu Bariri Bantu Ekonomi Nelayan

SUMBAWA BARAT–Kartu Bariri Nelayan yang diluncurkan oleh pemerintah daerah pada 2017 lalu kini berjalan tiga tahun dan memberikan dampak signifikan terhadap hasil tangkapan nelayan.

Bagi nelayan, kebutuhan mereka untuk melaut, seperti perahu, mesin, alat alat pancing merupakan suatu hal mendasar yang harus dimiliki.

Sejumlah nelayan mengatakan, adanya program kartu Bariri Nelayan ini, sangat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Ir. H. Mansyur Sofyan, Selasa (9/10) mengatakan, secara garis besar program yang dilaksanakan sejak tahun 2017 ini, sudah hampir mencapai target, dilihat dari meningkatnya pendapatan para Nelayan dan kebutuhan dasar mereka untuk melaut sudah terbantu.

“Langkah ini ditempuh pemerintah agar masyarakat tidak hanya menerima bantuan, sekaligus mengajarkan kepada masyarakat untuk menabung,” ujarnya.

Penerima bantuan, sambungnya, harus menabung 10 persen dari nilai bantuan yang diterima. Uang yang ditabung pun untuk nelayan itu sendiri. Tapi tabungan tersebut bisa diambil jika saldonya sudah mencapai 150 persen dari nilai bantuan yang diterima.

Realisasi program Bariri Nelayan merupakan tindak lanjut kucuran bantuan sarana dan prasarana tangkap dan budidaya kepada para nelayan, yang di data sesuai kebijakan Program Daerah Pembangunan Gotong Royong (PDPGR).

“Kedepan, rencananya pada tahun 2020 dinas kelautan dan perikanan akan melakukan evaluasi kinerja terhadap program kartu bariri ini,” demikian, Mansyur Sofian. (ZM.Win*)

Bagikan berita:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *